Tips Membuat Rumah Model Minimalis


Membuat rumah merupakan idaman bagi setiap keluarga yang belum memiliki rumah. Tentu saja karena rumah merupakan tempat untuk berkumpul, berteduh, bercerita suka dan duka. Rumah juga merupakan tempat yang dijutu saat kita berada di jauh. Namun ada saja kendala untuk membuat rumah, mulai dari lahan yang terbatas hingga biaya yang melangit.
Untuk mengatasi hal ini, Anda disarankan untuk membangun rumah dengan mengusung konsep rumah minimalis. Yup, rumah minimalis masih saja menjadi primadona bagi semua kalangan. Hal ini tidak terlepas dari nilai praktis dan ekonomis dari rumah minimalis itu sendiri. Meski begitu, pesona rumah minimalis bisa dengan mudah beradaptasi dengan sentuhan-sentuhan modern.

Untuk lebih lengkapnya, mari simak tips membuat rumah model minimalis di bawah ini:

Menentukan konsep rumah
Sebelum membuat rumah minimalis, tahap pertama yang harus dilewati adalah, menentukan konsep rumah. Pada tahap ini merupakan tahap yang biasanya Anda akan menentukan berbagai proses persiapan sebelum membuat rumah.

Diantaranya memilih material yang digunakan, ukuran ruangan yang ada di dalam rumah, dan finishing bangunan. Sebaiknya sebelum membangun rumah, Anda siapkan desain yang rumah minimalis ideal sehingga mempermudah proses pembangunan nantinya.

Ukur dan bagi area bangunan
Saat membuat rumah minimalis pastikan Anda mengukur dengan seksama dan membagi area bangunan agar sesuai dengan fungsinya. Karena dengan jenis rumah minimalis, agar luas tanah dapat disesuaikan dengan luas tanah agar berfungsi secara maksimal.

Memilih material yang awet
Saat struktur bangunan sudah mulai jadi, memilih material yang tepat merupakan tahap lanjutan dalam membangun rumah. Perihal material ini pastikan Anda memilih material yang memang terbukti berkualitas. Ini bertujuan supaya rumah Anda nantinya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Menentukan finishing
Dalam menentukan finishing pada dinding, sebaiknya disesuaikan dengn bujet Anda. Karena biasanya dalam proses finishing akan mempengaruhi banyak pengeluaran. Untuk bahan-bahan yang harganya standar ialah seperti; beton, keramik, plaster dinding dan cat dinding. Namun jika Anda memiliki bujet yang lebih, maka material seperti marmer, granite, wallpaper dan panel kayu bisa menjadi pilihannya.

Kamar mandi yang sesuai
Dalam membuat rumah minimalis tentunya konsep kamar mandi juga harus disesuaikan. Banyak sekali elemen-elemen kamar mandi yang harus dipertimbangkan diantaranya, seperti kloset, watafel, shower dan lainnya.

Memilih jasa profesional
Membuat rumah memang bukanlah hal yang mudah. Selain membutuhkan dana yang banyak, rumah yang aman dan nyaman juga membutuhkan andil tukang profesional. Untuk itu mulailah untuk mencari jasa bangun rumah yang kompeten. Selanjutnya Anda bisa meminta bantuan dari jasa tersebut untuk mencarikan tukang-tukang bangunan yang profesional.


Demikianlah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan saat Anda berencana membuat rumah. Ribet? Tentu saja, namun hal ini sangatlah wajar mengingat biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah pun tidak sedikit. Sehingga memastikan bahwa perencanaan telah dibuat dengan baik adalah keharusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...