Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Jual Beli Rumah


Jual beli rumah murah biasa dilakukan oleh orang yang sedang berbisnis dalam dunia property rumah. Tidak disangka bahwa usaha ini sangat menguntungkan sekali. Keuntungan yang didapatkan ketika menjual rumah bisa sampai puluhan juta rupiah. Anda pasti juga tertarik dalam melakukan usaha ini. 

Ketertarikan dalam menjalankan jual beli rumah murah memang diminati oleh semua orang namun mereka harus mengetahui hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis tersebut. Pasalnya kalau seseorang tidak mengetahui tentang apa saja yang harus diperhatikan ketika melakukan jual beli rumah maka, hal ini dapat merugikan Anda. Kadang kerugian tidak terjadi tanpa disadari dalam jual beli rumah murah. 

Apa Saja Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Jual Beli Rumah Murah? 

Pasti Anda saat ini sudah tidak sabar untuk mengetahui hal yang harus diketahui ketika membeli atau menjual rumah. Tujuan anda memperhatikan hal tersebut yaitu agar tidak ada masalah dikemudian hari. Oleh karena itu Anda wajib sekali memahami tentang apa saja sebelum melakukan jual beli rumah. 

Berikut ini beberapa hal yang harus diketahui oleh anda sebagai bahan pertimbangan dalam jual beli rumah. 

1. Legalitas tanah rumah 

Nomor satu yang harus diperhatikan yaitu legalitas tanah rumah. Tahukah anda bahwa ada beberapa bukti yang dapat menunjukkan bahwa tanah rumah tersebut legal atau tidak. Bila anda bertindak sebagai pembeli maka, minta bukti legalitas rumah berupa sertifikasi. Melainkan jika Anda sebagai penjual maka, siap-siap dengan menyediakan sertifikat rumah lengkap agar dapat ditunjukkan pada para pembeli. 

2. Kondisi rumah 

Anda harus memperhatikan kondisi rumah, baik ketika membeli atau menjual sebuah rumah. Kondisi rumah sangat berpengaruh sekali bagi kenyamanan saat tinggal pada rumah tersebut. Bila rumahnya kondisinya kurang, misalkan daya listriknya masih belum ada, airnya tidak ada, atau lainnya masih belum lengkap maka Anda harus berpikir ulang dalam membeli atau menjualnya. 

Lebih baik ketika ingin menjual rumah, Anda harus memperbaiki semua kondisi rumah yang masih kurang. Bila kondisi rumah bagus maka, pasti banyak sekali yang berminat untuk membeli rumah milik Anda. 

3. Dokumen rumah 

Hal berikutnya yang harus diperhatikan yaitu dokumen penting. Beberapa dokumen penting yang harus dilihat adalah surat kepemilikan resmi rumah oleh sang pemilik dan sertifikat rumah. Kelengkapan dokumen ini akan menyakinkan anda dalam membeli rumah, sebaliknya jika anda ingin menjual rumah nanti Anda juga siap dengan dokumen penting tersebut. 

4. Tanah bebas penggusuran 

Pastikan anda memilih membeli rumah tanah bebas penggusuran. Biasanya rumah yang dibangun di atas tanah negara maka, kapan saja bisa digusur oleh negara. Anda harus memastikan bahwa rumah yang dibeli bebas gusur. Tidak lucu kalau anda membeli rumah kemudian kena gusur. Hasilnya investasi property rumah yang nantinya bisa dijual menjadi rata karena digusur oleh pemerintah. 

Hal ini sangat merugikan sekali, sudah membeli rumah dengan harga mahal tetapi kena gusur. Cara mengecek tanah rumah bebas gusur yaitu dengan melihat tata ruang pada dinas kota setempat. Disana Anda akan mendapatkan kepastian bahwa tanah rumah yang akan dibeli bebas gusur atau tidak. 

5. Luas tanah yang ideal 

Memilih rumah dengan luas yang ideal merupakan hal yang tepat. Bila anda tidak mendapatkan rumah dengan luas puluhan hektar maka, jangan terlalu sedih. Lebih baik mendapatkan rumah dengan luas yang sedang. Keuntungan anda membeli rumah yang sedang ketika ingin investasi maka, Anda bisa menjualnya dengan mudah. 

Para pembeli yang mencari rumah dengan luas ideal begitu banyak. Berbeda dengan peminat pembeli rumah dengan tanah yang sangat luas. Lagipula rumah yang ukurannya tidak seberapa luas, nantinya nilai jualnya juga makin tinggi. Anda pasti memperoleh keuntungan dari penjualan rumah nantinya. 

6. Memperhatikan harga rumah 

Terakhir hal yang harus anda perhatikan yaitu tentang harga rumah. Pastikan harga rumah yang dibeli menyesuaikan dengan fasilitas, luas dan kondisi rumah yang diatawarkan. Anda juga harus melakukan perhitungan biaya pembelian rumah kemudian dibandingkan dengan harga jual rumah pada 10 tahun ke depan. Bila harga penjualan rumah dapat balik modal maka, anda bisa melakukan pembelian sekarang juga. 

Semua tentang hal yang wajib diperhatikan dalam melakukan jual beli rumah sudah dapat dilihat pada penjelasan di atas. Perhatikan betul semua penjelasan penting ketika melakukan jual beli rumah, supaya nanti Anda tidak melakukan kesalahan. Dapatkan rumah yang bagus dan tentunya rumah itu harus memiliki nilai jual yang dapat meningkat tajam di tahun berikutnya. 

Sekarang anda bisa menemukan rumah impian Anda dengan harga terjangkau, luas ideal dan fasilitasnya lengkap dengan melihat di rumah.com. Berbagai macam pilihan rumah yang bagus bisa dipilih disana. Anda juga harus tahu bahwa rumahnya memiliki nilai jual yang tinggi nantinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...