BAB menurunkan berat badan, benarkah?


Sebelum menjawab pertanyaan itu, pertama kali Anda butuh tahu berapa banyak feses yang dibuang oleh badan pada situasi normal. Rata-rata, Anda keluarkan 100-250 gr feses waktu buang air besar. Diperlukan waktu kurang-lebih 33 jam semenjak makanan diolah sampai dikeluarkan dari badan Anda. 

Tetapi, ada banyak unsur yang bisa merubah berat feses tiap-tiap orang. Orang yang minum dan makan semakin banyak atau yang lebih jarang buang air besar umumnya keluarkan feses yang semakin besar serta padat. Unsur yang lain ialah ukuran badan, rutinitas makan, serta berapa banyak air yang Anda minum. 

BAB memang bisa kurangi beberapa ratus gr dari keseluruhan berat tubuh Anda. Tetapi sebab banyaknya yang dikit, langkah berikut tidak dapat dipandang seperti cara turunkan berat tubuh. Oleh karenanya, kenapa perut Anda berasa demikian mudah sesudah buang air besar? 

Nyatanya, Anda bukan sekedar keluarkan feses waktu buang air besar. Bakteri pembusuk feses membuahkan gas yang membuat perut Anda berasa penuh. Gas ini turut keluar dari badan Anda bersama dengan feses. Berikut penyebabnya perut Anda berasa tambah lebih lega serta nyaman sesudah buang air besar. 

BAB teratur penting juga untuk turunkan berat tubuh 

Meskipun buang air besar tidak merubah berat tubuh keseluruhannya, skema pencernaan yang sehat penting juga untuk turunkan berat tubuh. Satu diantara ciri dari skema pencernaan yang sehat ialah Anda dapat buang air besar dengan teratur hingga terlepas dari sembelit. 

Ada satu panduan simpel yang dapat Anda aplikasikan, yaitu dengan memenuhi keperluan serat harian. Serat merangsang gerakan skema pencernaan hingga buang air besar jadi lancar. Nutrisi yang termasuk juga dalam kelompok karbohidrat kompleks ini pula akan bersihkan usus Anda serta kurangi resiko kanker usus besar. 

Tidak hanya memperlancar BAB serta skema pencernaan, serat pun diduga dapat turunkan berat tubuh. Masalahnya nutrisi yang terdapat banyak pada buah-buahan ini menolong badan Anda pada mengendalikan gula darah dan mengirim tanda pada otak jika Anda sudah kenyang. Dengan demikian, Anda bisa mengatur konsumsi makanan serta cemilan yang bisa meningkatkan berat tubuh. 

Cukupi keperluan harian Anda dengan konsumsi 25 gr serat keseluruhan untuk wanita serta 38 gr serat keseluruhan untuk lelaki. Contoh-contoh makanan sumber serat terunggul salah satunya: 

  • Buah-buahan: pir, strobery, alpukat, apel, raspberry, serta pisang 
  • Sayuran serta umbi: wortel, ubi, bit, brokoli, bayam, buncis, serta tomat 
  • Kacang serta biji-bijian: kacang merah, kacang polong, quinoa, gandum, almond, serta biji chia 

Jadi, bisa diambil kesimpulan jika BAB memang turunkan berat tubuh, tetapi banyaknya kurang relevan bila dibanding dengan berat keseluruhan badan Anda. Meskipun begitu, buang air besar yang lancar tetaplah penting supaya Anda terlepas dari masalah pada skema pencernaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...