6 Kelebihan Jam Dinding yang Wajib Anda Ketahui!

6-Kelebihan-Jam-Dinding-yang-Wajib-Anda-Ketahui

Dekorasi interior rumah Anda akan nampak kosong tanpa kehadiran jam dinding sebagai penunjuk waktu. Maka dari itu, Anda harus memilih jam dinding yang tepat dengan konsep ruangan Anda. Anda bisa membeli berbagai model jam di toko yang jual jam dinding dengan jenis digital maupun analog. 

Secara umum, jam dinding digital lebih banyak digunakan oleh mereka yang menyukai kesan minimalis dalam ruangan. Sedangkan, jam dinding analog digemari oleh para pecinta interior klasik dan elegan. 

Kelebihan Jam Dinding 

Jam dinding merupakan sebuah alat penunjuk waktu yang tidak bisa dibawa kemana-mana layaknya jam tangan. Meski demikian, jam dinding tentu memiliki keunggulan dibanding jenis jam lainnya. Anda akan menemukan jam dinding di ruangan seperti kamar, ruang tamu, kantor, rumah tunggu di rumah sakit, tempat service motor, dan lain sebagainya. Adapun kelebihan jam dinding beserta jenisnya yang akan diuraikan di bawah ini. 

1. Kemampuan Timing 

Dengan sentuhan teknologi yang semakin canggih, jam dinding dengan jenis digital mampu menunjukkan ketepatan waktu bahkan hingga mikrodetik. Selain itu, sudah banyak juga jam digital yang berfungsi sebagai stopwatch dan bisa disetel ulang untuk menghitung waktu sesuai kebutuhan. Bagaimana, menarik bukan memiliki jam dinding digital dengan fitur yang keren? 

2. Mudah Dilihat 

Biasanya, toko yang jual jam dinding jenis digital memiliki pengaturan brightness, sehingga nyala lampu penunjuk waktu bisa disesuaikan terang redupnya. Dengan pengaturan ini, jam dinding digital lebih mudah dilihat dalam kondisi ruangan yang sangat luas dan pencahayaan yang minim. Fitur ini tentu sangat membantu kita semua dalam melihat waktu dengan kondisi ruangan yang tidak memungkinkan sekalipun. 

3. Hemat Energi 

Jam dinding jenis analog lebih hemat energi dari jam dinding digital karena memakai baterai D-cell. Baterai tersebut bisa awet hingga berumur empat sampai delapan tahun. Tentu ini menjadi salah satu kelebihan yang menguntungkan para penggunanya. Lain halnya dengan jam dinding jenis digital yang lebih sering ganti baterai karena dayanya cepat habis. Jika kehabisan daya baterai, maka sistem pengaturan waktu di dalamnya akan kacau. 

4. Kemudahan Perawatan 

Dengan teknologi yang sederhana, jam dinding analog lebih mudah dirawat dan diperbaiki apabila mengalami kerusakan. Sementara itu, jam dinding digital membutuhkan perawatan yang lebih ekstra karena komponennya yang cukup rumit. Bahkan beberapa komponen seringkali harus diganti dengan yang baru saat sudah rusak. 

5. Lebih Awet 

Jam dinding analog memang tidak secanggih jam dinding digital, terutama dalam hal kemampuan timing. Meski tidak memiliki fitur tersebut, toko yang jual jam dinding analog terkenal lebih awet bahkan bisa berumur panjang hingga delapan tahun. Selain itu, jam dinding analog tidak mudah rusak karena hanya menggunakan baterai untuk menghidupkannya. Maka tidak heran kalau banyak kalangan yang lebih memilih jam dinding analog dibandingkan jam dinding digital. 

6. Tidak Mudah Eror 

Jam dinding analog tidak sering mengalami error saat beroperasi seperti halnya jam dinding digital. Seringkali jam digital menunjukkan waktu lebih cepat karena mengalami eror akibat setting yang berubah dengan sendirinya. Selain itu, jam analog memiliki model minimalis dengan angka-angka penunjuk waktu berukuran besar. Sehingga memudahkan Anda untuk melihat waktu secara akurat meski dalam kondisi ruangan yang minim cahaya. 

Nah, itulah beberapa kelebihan jam dinding yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai tips, karena terdapat dua jenis jam dinding yang bisa Anda gunakan, sebaiknya memilih jam dinding yang memang sesuai dengan kebutuhan ruangan Anda. Karena jenis jam dinding yang dipilih mempengaruhi keindahan dan kerapian ruangan. Maka, belilah jam di toko yang jual jam dinding dengan berbagai model dan jenis untuk disesuaikan dengan kondisi ruangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...