Tidur Dapat Hilangkan Rasa Sakit Dengan Alami


Riset paling baru yang diedarkan dalam Journal of Neuroscience temukan bukti jika kurang tidur dapat tingkatkan kepekaan badan pada rasa sakit lewat cara mendesak kerja tanggapan pusat pereda ngilu di otak. 

Dalam kata lain, waktu badan kurang tidur, sisi otak yang bekerja kurangi atau hilangkan rasa sakit jadi tidak seresponsif umumnya. 

Riset ini dikerjakan oleh Matthew Walker, seseorang dosen pengetahuan saraf serta psikologi di University of California di Berkeley, serta Adam Krause, seseorang calon doktoral di fakultas yang sama untuk lihat faedah dari tidur. 

Kedua-duanya lakukan riset pada 24 orang dengan memberi rangsangan panas pada kaki mereka. Beberapa peserta yang diambil tidak mempunyai permasalahan tidur atau rasa sakit dibagian tubuhnya pada awal riset. 

Dalam proses ini, beberapa periset lalu memindai otak mereka untuk lihat tanggapan otak yang mengolah rasa sakitnya dengan memakai MRI. Beberapa ilmuwan mulai merekam ujung rasa sakit semasing peserta sesudah mereka tidur pulas dengan rangsangan panas di kakinya. 

Sesudah memutuskan batas rasa sakit beberapa peserta, periset lalu mengulang mekanisme yang sama. Perbedaannya, peserta disuruh tidak untuk tidur semalaman. 

Panduan supaya tidur lebih pulas 

Tidur memang dapat hilangkan rasa sakit dengan alami. Tetapi, harus dikerjakan lewat cara yang pas. Tersebut beberapa panduan yang dapat Anda coba supaya tidur lebih pulas hingga rasa sakit juga dapat teredam. 

1. Mencari tempat yang pas 

Orang dengan ngilu akut, sama dengan punggung bawah, tidak dapat tidur dengan sembarangan tempat. Oleh karenanya, hal penting untuk bikin tidur masih pulas, yakni dengan temukan tempat yang pas. 

Telentang serta miring ke samping jadi tempat yang banyak disarankan. Utamanya, pilih tempat tidur paling nyaman yang tidak membuat rasa sakit makin menjadi-jadi. 

2. Tidur di waktu yang sama 

Tidur serta bangun di waktu yang sama tiap hari menolong badan mengendalikan jam biologisnya. Saat jam biologis atau internal badan ditata secara baik, kualitas tidur Anda juga umumnya semakin lebih maksimal. 

Dengan demikian, Anda dapat menuai faedah optimal dari tidur, khususnya untuk menurunkan atau hilangkan rasa sakit yang menganggu. 

3. Tidak minum cafein malam-malam 

Minuman berkafein seperti teh serta kopi dapat membuat Anda terbangun selama malam. Ini sebab cafein adalah zat insentif yang dapat membuat Anda tambah energi. 

Oleh karenanya, jauhi beberapa minuman berkafein pada malam hari supaya Anda dapat tidur pas waktu dengan kualitas yang optimal. 

4. Mengatur suhu kamar 

Supaya faedah tidur yang Anda temukan dapat optimal, mengatur suhu kamar Anda janganlah begitu panas atau begitu dingin. Menurut H. Craig Heller, PhD, dosen biologi di Stanford University, suhu kamar yang cocok sekitar pada 18 sampai 22 derajat celcius. 

5. Tidak mainkan gadget 

Hp, laptop, serta computer mempunyai paparan cahaya biru yang dapat mengganggu jam biologis badan. Oleh karenanya, upayakan untuk menghindarkan beberapa barang itu supaya Anda dapat tidur lebih pulas. 

Coba untuk mengaplikasikan beberapa panduan ini tiap hari supaya faedah tidur yang Anda temukan dapat optimal. Dengan demikian, rasa ngilu di badan yang menganggu pada hari ini dapat menyusut esok harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...