Tips Mengatasi Susah Hidup Pada Motor Injeksi yang Kehabisan Bensin


Kehabisan bensin ditengah-tengah perjalanan kadang membuat cemas si pengendara. Tidak hanya ribet menggerakkan motor sampai stasiun pengisian bahan bakar, ada kebimbangan motor sulit dihidupkan sesudah di isi bensin . 

Jika motor yang masih mengambil skema pengabutan karburator, sesudah tangki bensin terisi , gampangnya tinggal buka tuas choke buat menyemburkan bahan bakar yang semakin banyak ke karburator untuk percepat pembakaran, sekalian mengengkol starter kaki berkali-kali. 

Tetapi beda narasi pada motor yang telah injeksi serta tidak mempunyai choke. Biasanya ada insiden motor susah dihidupkan walau tangki bensin telah terisi . 

Walau sebenarnya kata Technical Training PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno, cukup nyalakan mesin seperti biasa lalu nantikan sekejap sampai terdengar bunyi dengungan yang mengisyaratkan pompa bensin kerja. 

"Harusnya tidak memiliki masalah, demikian habis bensin sampai motor berhenti, dan di isi, sesudah kunci kontak dihidupkan sepanjang kira-kira 2 detik, pompa bahan bakar atau fuel pump akan mengalirkan bahan bakar dari tangki ke injektor, lalu distarter motor mesinnya langsung hidup," kata Endro. 

Akan tetapi jika dalam tempo 2 detik motor tidak dapat menyala, karena itu janganlah cemas. Cukup putar kunci kontak on-off dengan berulang untuk memancing pompa bensin memasok bensin ke injektor serta menyiapkan kompresi yang sesuai dengan untuk pembakaran. 

Ini sebab ada skema langsung mematikan atau memutuskan suplai bensin dari pompa bensin saat tidak lagi ada debet bahan bakar pada tangki. 

Jadi meskipun tangki telah terisi penuh, pompa bensin masih juga dalam kondisi kosong jika kunci kontak tidak dalam tempat on. Lalu kenapa harus berkali-kali memutar kunci kontaknya? 

Mungkin saja sebab pompa bensin tidaklah terlalu kuat memasok bensin ke injektor karena masih terdapatnya angin palsu waktu dalam situasi kosong barusan, karena itu untuk mengakalinya nyalakan kunci kontak berulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...