Kenali Tanda Mimisan Anda Sudah kronis


Mimisan adalah keadaan kesehatan yang begitu umum. Tanpa ada perlakuan medis, darah yang keluar dari hidung umumnya bisa berhenti dengan sendirinya. Tetapi, Anda pantas siaga bila mimisan tidak segera berhenti serta malah makin bertambah kronis. Mungkin saja, ini adalah sinyal permasalahan kesehatan yang lebih serius serta butuh diatasi selekasnya. 

Mimisan berlangsung karena pecahnya pembuluh darah kapiler di rongga hidung. Pemicu terutamanya ialah pergantian suhu serta udara dan rutinitas masukkan jari tangan ke hidung. 

Obat-obatan tersendiri dapat kurangi kelenturan jaringan di hidung hingga lebih rawan alami cedera. 

Meskipun adalah keadaan umum, mimisan bisa digolongkan jadi keadaan genting bila Anda alami kondisi tersebut: 

1. Mimisan berjalan sepanjang lebih dari 20 menit 

Perdarahan karena mimisan umumnya cuma berjalan sepanjang beberapa waktu. 

Pertolongan pertama yang bisa Anda kerjakan dengan duduk tegak, memencet hidung sepanjang beberapa waktu, atau mengompres hidung memakai es yang dibalut handuk. 

Mimisan disebutkan kronis jika berjalan sepanjang lebih dari 20 menit. Keadaan ini mungkin berlangsung bila Anda konsumsi obat pengencer darah. 

Tetapi, jika Anda tidak memakainya, mimisan yang berjalan lama dapat jadi sinyal dari masalah pembekuan darah. 

2. Anda kehilangan banyak darah 

Rata-rata, jumlahnya darah yang keluar waktu mimisan tidak kurang dari 1,5 sendok teh. Darah di seputar pembuluh darah yang terluka setelah itu membeku hingga salurannya berhenti. 

Ini adalah hal lumrah yang tidak berefek pada kesehatan. 

Berhati-hatilah bila mimisan demikian kronis hingga Anda harus habiskan berlembar-lembar tisu cuma dalam tempo 5 menit. 

Untuk tahu apa Anda memang sungguh kehilangan banyak darah, pakailah wadah kecil untuk kumpulkan darah yang menetes waktu mimisan. 

Janganlah sangsi untuk selekasnya konsultasi ke dokter berkaitan keadaan ini. 

3. Mimisan berlangsung karena luka kronis 

Tidak hanya pemicu alami, perdarahan pada hidung dapat berlangsung karena luka atau bentrokan kronis. 

Mimisan yang disebabkan oleh luka bahkan juga bisa mengakibatkan pembengkakan pada hidung hingga membuat Anda kesusahan bernapas. 

Selekasnya kontrol diri ke dokter jika Anda alami ini. Kontrol sedini kemungkinan menolong menjumpai terdapatnya patah tulang pada hidung, gegar otak, sampai luka pada anggota badan lain yang tidak diakui. 


4. Anda rasakan darah pada lidah 

Umumnya masalah mimisan berlangsung karena pecahnya pembuluh darah di bagian depan rongga hidung. 

Anda tidak rasakan terdapatnya darah pada mulut Anda sebab darah akan langsung mengalir keluar dari rongga hidung ke arah lubang hidung. 

Jika Anda dapat rasakan terdapatnya darah di lidah atau mulut Anda, mungkin saja ini adalah tanda-tanda perdarahan posterior. 

Perdarahan ini berjalan di bagian belakang hidung serta lebih susah di stop. Mimisan yang berlangsung umumnya lebih kronis serta memerlukan perlakuan medis. 

Waktu Anda atau anak Anda mimisan, kunci terutamanya ialah janganlah cemas. Tetapi, masih pantau serta siaga pertanda yang ada waktu berlangsung perdarahan sebab mimisan kronis adalah keadaan genting yang butuh diatasi dengan selekasnya. 

Pantau juga pertanda yang ada pada beberapa anak serta mengerti apa yang menyebabkan berlangsungnya mimisan. Masalahnya mimisan yang terlihat lumrah sekalinya bisa jadi dikarenakan oleh luka serius yang berefek pada kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...