Tips Agar Hidung Tidak Meler Sewaktu Cuaca Dingin


Hidung meler umumnya dikarenakan sakit flu atau pilek. Menariknya, keadaan ini dapat juga dipacu saat Anda kedinginan dalam tempo yang lama, walau sedang tidak sakit. Lalu, mengapa ya, hidung dapat meler waktu terkena udara dingin? Baca keterangan ilmiahnya dalam penjelasan tersebut. 

Menghindari hidung meler waktu cuaca dingin 

Walau bukan keadaan yang beresiko, hidung meler karena paparan udara dingin bisa membuat tidak nyaman. Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat dikerjakan agar Anda tidak terus menerus tersiksa dengan hidung meler waktu udara dingin. 

Tersebut banyak hal yang dapat Anda kerjakan. 

1. Gunakan jaket 

Satu diantara langkah untuk dengan efisien menahan hidung meler sebab paparan dingin dengan menghindarkan pemicunya dengan cara langsung. 

Bila diwajibkan untuk kerja di ruang ber-AC yang begitu dingin, tutupi kepala, hidung, serta mulut Anda dengan syal atau kain yang hangat. Kenakan jaket tebal dapat juga menolong. 

Pokoknya, kerjakan apapun yang membuat badan Anda hangat serta terproteksi dari paparan udara dingin dengan cara langsung. 

2. Minum air hangat 

Air hangat bisa menolong menurunkan peradangan di jaringan hidung serta mencairkan lendir yang menutup aliran hidung. Bila tidak senang rasa air putih yang tawar, Anda dapat membuat satu cangkir teh atau jahe hangat. 

Imbuhkan satu sendok madu atau perasan air lemon untuk memperkaya rasa serta menolong melegakan pernafasan. 

3. Gunakan humidifier 

Humidifier ialah satu alat spesial yang dibikin untuk menolong melembapkan udara. Bila Anda ada di ruang yang dingin atau bersuhu rendah, pengunaan humidifier bisa menolong melembapkan udara serta kurangi iritasi pada aliran hidung dan bronkial. 

Anda tidak membutuhkan humidifier yang begitu hebat atau mahal. Cukup yakinkan Anda pilih ukuran humidifier yang pas untuk ruang itu, gampang dibikin bersih, serta bisa mati dengan automatis bila tangki air habis waktu Anda tidur atau keluar ruang. 

4. Semprot hidung 

Hidung meler karena rhinitis vasomotor umumnya akan pulih sendiri sesudah tidak terkena udara dingin. Tetapi, ada saatnya keadaan ini tidak lebih baik. Bahkan juga ingus Anda justru mengalir makin deras walau Anda telah menghindarkan paparan udara dingin. 

Bila telah ini, Anda dapat gunakan obat antihistamin atau semprot hidung. Beberapa obat semprot hidung dapat Anda dapatkan dengan gampang di apotek atau tanpa ada resep dokter. Tetapi, yakinkan Anda membaca ketentuan pakainya dengan cermat sebelum memakai obat semprot hidung. 

Bila merasakan tidak memahami dengan ketentuan gunakan yang tercantum pada paket obat, jangan sangsi untuk konsultasi ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...