Perawatan Alat Bantu Dengar Agar Tetap Bekerja Dengan Baik

Perawatan-Alat-Bantu-Dengar-Agar-Tetap-Bekerja-Dengan-Baik

Alat bantu dengar menjadi barang yang penting untuk mereka yang mengalami gangguan pendengaran. Pendengaran yang tidak berfungsi dengan baik tentunya akan menganggu aktivitas utamanya dalam hal komunikasi. Ada banyak sebab yang mengakibatkan gangguan pada pendengaran dari rusaknya organ pendengaran, adanya kelaian pada organ pendengaran, hingga faktor usia. Oleh sebab gangguan pendengaran inilah, alat bantu dengar sangat diperlukan. 

Seperti yang diketahui, harga alat bantu dengar ini relatif mahal di kalangan masyarakat. Sekalipun rusak, alat ini tidak lagi bisa digunakan lagi. Daripada rusak dan kesulitan untuk membelinya lagi sebaiknya lakukan perawatan alat bantu dengar dengan baik agar performanya dapat maksimal dalam jangka waktu yang lama. Sekalipun Anda membeli alat dengar dari luar negeri yang lebih mahal namun jika tidak melakukan perawatan yang baik hasilnya maka hasilnya tidak akan maksimal. 

Sebaliknya jika Anda membeli alat bantu dengar Indonesia dan melakukan perawatan dengan benar, hasil kerja yang didapatkan juga akan maksimal. Maka perawatan sangat penting dilakukan untuk menjaga kerja alat dengar tetap optimal. 

Perawatan yang dapat dilakukan yaitu rutin membersihkan kotoran yang menempel pada alat bantu dengar. Jika Anda melihat adanya cairan atau keringat yang menempel di alat bantu dengar, segera bersihkan agar tidak masuk ke bagian mesinnya. Cairan atau keringat yang masuk ke dalam mesin ini dapat membuat mesin korosif dan konslet sehingga mesin tidak lagi dapat digunakan. 

Jika tidak digunakan, simpan saja di tempat yang kering dengan suhu normal. Jangan lupa memberinya silica pada tempat penyimpanan. Kemudian jangan dekatkan alat bantu dengan benda yang memiliki medan elektromagnetik yang besar seperti kulkas, tv, radio, dan lain sebagainya. Sebab barang-barang dapat membuat medan elektromagnetik alat bantu dengar menjadi rusak dan terganggu performa kerjanya. 

Terakhir, jangan lupa bersihkan alat bantu dengar secara keseluruhan, dari bagian luar hingga bagian dalam di pusat alat bantu dengar minimal tiga bulan sekali. Anda juga bisa menganti tubing atau selang alat bantu dengar Anda jika sudah merasa tidak nyaman pemakaiannya. Dengan perawatan yang baik, performanya akan terjaga sehingga Anda tidak akan sayang dengan harga alat dengar yang mahal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...