Alergi Susu Sapi pada Bayi dan Cara Mencegahnya

Alergi-Susu-Sapi-pada-Bayi-dan-Cara-Mencegahnya

Susu tambahan atau yang dikenal dengan susu formula merupakan salah satu penyelamat ibu yang baru saja melahirkan bayinya. Air susu ibu yang biasanya sulit untuk dikeluarkan menjadi alasan utama para ibu yang memberi anaknya susu formula. Namun tidak semua bayi baru lahir bisa cocok dengan susu formula yang umumnya dari susu sapi. Hal tersebut dapat menimbulkan alergi susu. 

Gejala Alergi Susu Formula 

Alergi susu sapi hanya dialami oleh beberapa persen bayi di seluruh dunia dan termasuk kondisi yang jarang terjadi. Alergi disebabkan karena adanya reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap protein yang terkandung di dalam susu sapi. Kondisi yang bisa saja dialami oleh bayi yakni mengalami kulit kemerahan dan atau gatal-gatal. 

Gejala yang muncul pada masing-masing bayi baru lahir berbeda-beda bergantung pada tingkat keparahan. Gejala awal yang dialami adalah muntah, rasa gatal disertai bengkak setelah bayi meminum susu. Setelah itu muncul gejala yang mengikuti setelah beberapa jam muncul gejala awal. Gejala tersebut dapat berupa:

  • Diare dan bisa saja mengandung darah 
  • Kram pada perut bayi 
  • Mengalami batuk dan flu 
  • Mata berair 
  • Kulit di area sekitar mulut mengalami ruam dan gatal 
  • Nyeri pada perut 

Dalam kondisi gejala yang parah, bayi dapat mengalami keadaan susah bernapas akibat respon dari alergi yang menyumbat saluran pernapasan atau disebut anafilaksis. Jika sudah demikian dibutuhkan penanganan yang tepat pada bayi dengan menyuntikkan obat epinefrin. 

Mencegah Alergi Susu pada Bayi 

Untuk mencegah terjadinya alergi susu sapi pada bayi bisa digunakan langkah awal, yakni memilih susu formula yang tepat untuk bayi. Disarankan untuk memilih susu yang terbuat dari kedelai sebagai bahan pengganti protein susu sapi. Meski diganti, bayi tidak akan kekurangan nutrisi yang diperlukan agar tumbuh optimal. 

Nutricia Nutribaby Royal Acti Duobio+ Soya 1 dari Nutriclub merupakan susu pendamping yang dapat diberikan pada bayi baru lahir mulai usia 0-6 bulan. Dalam susu tersebut mengandung isolat kedelai dan bebas laktosa. Jadi susu aman untuk dikonsumsi bayi yang mengalami alergi protein dalam susu sapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...