Mau Jadi Startup? Ini Dia Strategi Digital Marketing Yang Bisa Dimanfaatkan

Mau-Jadi-Startup-Ini-Dia-Strategi-Digital-Marketing-Yang-Bisa-Dimanfaatkan
Sumber gambar: pixabay

Tidak dapat dipungkiri jika teknologi sudah berkembang begitu canggih, tidak heran karena saat ini dunia digital begitu digandrungi masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas termasuk pemasaran. Bagi yang kuliah Manajemen Bisnis tentu sudah kenal dengan berbagai jenis strategi digital marketing, salah satu strategi marketing yang banyak digunakan saat ini. Bagi para startup, 7 strategi digital marketing berikut ini patut dicoba: 

Email marketing 

Email muncul tahun 1971, menjadi salah satu channel marketing tertua yang sampai saat ini masih digunakan. Spam pertamanya sendiri masih ada tahun 1978, sampai saat ini email berkembang hingga dikenal yang namanya email marketing. 

Tool satu ini menjadi investasi terbaik yang bisa digunakan untuk mendapatkan growth, mulai dari welcome email series, newsletter, penawaran khusus, dan lainnya bisa digunakan untuk kegiatan growth dan retention. Email marketing menawarkan biaya yang cukup terjangkau. Menariknya, menurut DMA email marketing mempunyai Return Of Investment (ROI) sebesar 122%. 

Social Media Marketing 

Siapa yang tidak kenal media sosial saat ini, menjadi salah satu strategi marketing yang powerful untuk startup khususnya. Ada banyak keuntungan menggunakan social media marketing, seperti meningkatkan trafik atau eksposur untuk web, menciptakan customer yang loyal, sangat berpengaruh terhadap SEO, serta bisa meningkatkan penjualan. 

Meski saat ini ada banyak sosial media yang berkembang di masyarakat, namun tidak semuanya harus digunakan. Fokuslah pada sosial media atau jenuh yang bisa menghasilkan. Mahasiswa yang kuliah online S1 jurusan bisnis harus bisa memahami strategi marketing satu ini. 

Google AdWords 

Google AdWords atau bisa juga dibilang dengan pay per click (PPC), sebuah metode dimana search engine Google bisa membawa banyak visitor ke website. Strategi Marketing satu ini sangat berguna untuk menghasilkan hot lead atau calon customer yang telah siap membeli barang milik kita. 

Ada beberapa keuntungan menggunakan Google AdWords, diantaranya dapat menjangkau customer tepat waktu dengan iklan yang tepat, budget pengeluaran bisa diatur, analisa yang dihasilkan bisa digunakan untuk mempertajam strategi selanjutnya, dan tentunya bisa menargetkan konsumen khusus yang memang sedang mencari produk atau jasa tersebut. PPC bisa menghabiskan biaya dalam sekejap, jadi pelajari dahulu PPC ini lebih dalam. 

Search Engine Optimization (SEO) 

Mahasiswa yang kuliah Manajemen Bisnis harus tahu strategi digital saat ini, meski hubungannya sendiri lebih dekat dengan Ilmu komputer. Memiliki website yang keren, tidak serta merta membuat banyak visitor datang berkunjung dengan sendirinya. Meski tampilan memang penting, namun usaha lain juga diperlukan agar website banyak dikunjungi. 

Saat ini ada banyak bidang bisnis sejenis yang memiliki website tidak kalah menarik, jadi persaingan cukup ketat. Karenanya, pelaku bisnis harus mengetahui bagaimana cara sebuah website berada di urutan teratas mesin pencari. Solusinya yaitu dengan SEO, salah satu strategi digital marketing yang cukup efisien dan efektif. Search Engine Optimization tidak hanya meningkatkan traffic, namun juga bisa membangun kepercayaan dari user. Strategi marketing satu ini prosesnya bergantung pada konten yang ada di dalam web. 

Content Marketing 

Strategi Marketing satu ini wajib di gunakan oleh startup, pasalnya biaya yang harus dikeluarkan sangat ekonomis. Pelaku bisnis bisa menciptakan konten menarik dan berkualitas, metode nya sama seperti menceritakan tentang startup yang dikembangkan ke semua orang. 

Cara pemasaran satu ini sifatnya bertahan lama, 99% B2C marketing menggunakan content marketing untuk kegiatan promosi bisnis. Dengan menggunakan strategi content marketing, pelaku bisnis bisa menyampaikan ke berbagai arah yang berbeda (cold audience, warm audience, dan hot audience). Beda udin's tentunya beda pula strategi marketing yang dilancarkan, karenanya content marketing menjadi salah satu pilihan terbaik. 

Influencer Marketing 

Startup yang baru lulus kuliah online S1 bidang bisnis bisa menggunakan cara ini, influencer marketing. Cara satu ini merupakan cara tercepat untuk menaikkan popularitas startup yang dikembangkan, masuk di dalamnya kegiatan promosi website ataupun produk. Adanya social media seperti Instagram ataupun YouTube, menjadikan influencer marketing semakin berkembang. Banyak keuntungan yang bisa didapat oleh startup, mulai dari mudah untuk diterapkan, merupakan strategi yang ampuh untuk meningkatkan growth, dan merupakan metode pemasaran terbaru dan cukup efektif. 

Meski terbilang efektif, namun biaya yang harus dikeluarkan terbilang tinggi. Semakin berpengaruh orang yang diajak kerjasama, fee yang harus dibayarkan juga semakin besar setiap kali melakukan promosi produk. 

Retargeting Ads 

Belum menjadi pelanggan, konsumen tentunya harus diyakinkan terlebih dahulu terkait satu atau dua penjelasan. Retargeting ads saat ini cukup populer di kalangan growth marketers, teknologi satu ini akan memberikan iklan yang relevan terhadap konsumen yang sebelumnya telah mengunjungi situs. Saat konsumen mengunjungi situs yang di dalamnya telah ditanamkan facebook pixel code atau google analytics code, secara tidak langsung laptop atau komputer yang digunakan telah ditanamkan cookies. 

Pengguna retargeting ads bisa melakukan hal itu, bisa membuat iklan relevan bahkan disesuaikan dengan web page mana yang dikunjungi konsumen. Dengan begitu, pelaku bisnis bisa mengkampanyekan bisnisnya kepada konsumen yang mengunjungi pricing page di situs miliknya. 

Mahasiswa yang kuliah Manajemen Bisnis harus paham betul mengenai berbagai strategi digital marketing diatas, bola dari cara penggunaan, keuntungan, sehingga kekurangan. Dengan begitu saat memasuki dunia kerja, pemahaman mengenai berbagai strategi tersebut sudah dipahami dengan jelas dan tinggal mempraktekkannya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...