Merawat Radiator Sebelum Mengalami Kejadian Overheat


Buat pemilik mobil yang akan memakai untuk mudik ke kampung halaman, jangan pernah tidak memerhatikan keadaan radiator. Masalahnya elemen ini, mempunyai peranan yang cukup penting, yakni jaga supaya kapasitas mesin masih normal, serta tidak overheat. 

Salah satunya lawan penting mesin, ialah temperatur yang begitu tinggi (overheat), karenanya dibutuhkan cairan untuk jaga mesin supaya tidak terlalu panas. Bila mesin sampai panas, bisa-bisa membuat mesin berhenti. 

Radiator adalah sisi dari skema penjaga temperatur mesin. elemen ini, bekerja melepas panas sesudah air pendingin melalui water jacket, melalui embusan angin serta ditambah pertolongan kipas. 

Fakta ini yang membuat manfaatnya demikian penting, hingga memerlukan perawatan yang dikerjakan pemilik mobil. 

Dengan peranan untuk bersihkan kerak-kerak yang berada di dalam radiator tersebut, sebab bila dibiarkan kelamaan dapat muncul kerak. 

Juga bisa memeriksa keadaan air yang berada di dalam radiator. Upayakan tetap ditukar tiap kelipatan 80.000 km. 

Tentu saja harus juga memakai cairan coolant, sebab air itu direncanakan untuk jaga suhu serta meredam korosi hingga aliran radiator sampai water jacket di mesin dapat kerja secara baik. 

Juga bisa dicek keadaan radiator, apa ada kebocoran pada permukaannya ataukah tidak. Bila ada yang bocor karena itu semestinya langsung juga dibawa ke bengkel sah untuk dicek selanjutnya. 

Cairan coolant sendiri yang masih bagus masih berwarna merah cerah. Bila telah kelihatan menguning, karena itu semestinya ditukar dengan yang baru supaya kapasitasnya masih maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...