Anda Seorang Koki? Sediakan Selalu Obat Luka Berikut Ini!


Berprofesi sebagai koki atau juru masak membuat Anda memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena sayatan pisau, terkena percikan minyak panas, hingga terkena api kompor maupun panas oven. Karena itu, seorang koki profesional sebaiknya selalu menyediakan beberapa obat luka sehingga jika hal tersebut terjadi bisa diberikan pertolongan pertama dengan cepat dan luka bisa sembuh dengan lebih cepat juga. Dengan begitu Anda bisa melakukan aktifitas dengan normal kembali. Salah satu yang paling dibutuhkan adalah obat luka bakar parah dimana bukan hanya bagian kulit saja yang terkena namun bisa sampai ke daging. 

Untuk obat luka bakar, jangan menggunakan sembarang obat. Di masyarakat awam ada kebiasaan salah yang memakai pasta gigi sebagai obat luka bakar. Namun hal tersebut adalah kebiasaan yang salah karena pasta gigi tidak memiliki formula khusus untuk mengatasi luka bakar. Luka bakar yang panas hanya akan terasa dingin sejenak namun luka akan menjadi melepuh akibat tidak diberikan penanganan yang sesuai. Apalagi jika pasta gigi yang ditempelkan tersebut tidak steril, maka akan mengakibatkan luka menjadi infeksi yang bisa membahayakan jaringan kulit lainnya. 

Untuk mengobati luka bakar, gunakan obat luka bakar paling ampuh yang berupa salep, krim atau larutan khusus yang sudah diformulasikan untuk mengatasi luka bakar. Sediaan obat tersebut sudah pasti steril karena disimpan dalam wadah tertutup kedap selama penyimpanan. Untuk salep atau krim, obat dioleskan secara langsung pada luka setelah luka dibersihkan dengan air mengalir. Sedangkan untuk bentuk obat larutan, Anda bisa mengguyurkannya atau menggunakan kasa steril untuk mengoleskan pada area luka bakar. 

Untuk mendapatkan obat luka bakar yang tepat Anda bisa langsung menuju apotik dan membelinya di sana. Katakan saja pada petugas apotik bahwa Anda ingin membeli obat luka bakar. Petugas mungkin akan memberikan beberapa pilihan yang memiliki bentuk sediaan berbeda, berbeda merk ataupun harganya. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan menggunakannya sebagai stok obat darurat jika sewaktu-waktu terjadi luka bakar di dapur Anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...