Merawat si Kecil Saat Terkena Flu

Merawat-si-Kecil-Saat-Terkena-Flu

Bukan merupakan hal yang baru bila anak kecil terserang flu. Sistem imun yang belum berkembang sempurna membuat anak rentan terkena flu. Meskipun flu adalah hal yang biasa menyerang anak, namun sebagai orang tua Anda harus tetap waspada. Simak tips merawat anak saat sedang flu berikut ini. 

Tips Merawat Anak Saat Flu 

1. Segera beri obat sesuai gejala 

Gejala flu pada anak biasanya berupa bersin-bersin, pilek, kadang juga disertai dengan mual. Untuk mengatasi mual pada anak, berikan obat mual muntah yang aman buat anak. Berilah obat yang sesuai dengan anjuran dokter agar Anda tidak salah memberikan obat pada anak. Sehingga obat tersebut dapat langsung berkhasiat mengatasi gejala flu. 

2. Membedakan flu dan pilek 

Ternyata meskipun menyerang bagian tubuh yang sama, namun flu dan pilek merupakan penyakit yang berbeda. Penyakit yang sama-sama menyerang sistem pernapasan ini dibedakan dari gejala yang diidap oleh penderitanya. Untuk gejala pilek dapat dikatakan lebih ringan daripada gejala flu yang menyerang anak Anda. 

Gejala pilek yaitu sakit tenggorokan, batuk, demam, dan hidung berair serta tersumbat. Sementara gejala flu meliputi pegal linu atau nyeri otot, diare, mual dan muntah,serta sakit kepala. 

3. Cukupi asupan cairan 

Untuk mengatasi hidung tersumbat karena lendir yang kental menghalangi jalannya udara di saluran pernapasan, banyak-banyaklah minum air putih. Air putih dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan anak Anda. Selain itu dapat juga dibantu dengan obat hidung mampet dan hidung meler

4. Cek suhu tubuh anak secara berkala 

Jika gejala flu disertai dengan demam, ceklah suhu tubuh anak secara berkala untuk mengetahui apakah suhu tubuhnya semakin tinggi atau turun. Jika demam pada anak sudah berlangsung lebih dari tiga hari, dan mencapai lebih dari 38 derajat celcius, segeralah bawa anak Anda ke dokter di klinik, puskesmas, atau rumah sakit terdekat. 

5. Istirahat yang cukup 

Pastikan anak Anda dapat istirahat yang cukup ketika sedang terserang flu. Istirahat yang cukup akan sangat membantu proses pemulihan anak. 

Tidak ada komentar untuk "Merawat si Kecil Saat Terkena Flu"