Bandingkan-bandingkan Dulu Perbedaan Antara Produk Keluaran Bank Konvensional dan Syariah, Jangan Sampai Salah Pilih!

Bandingkan-bandingkan-Dulu-Perbedaan-Antara-Produk-Keluaran-Bank-Konvensional-dan-Syariah-Jangan-Sampai-Salah-Pilih!

Perbankan syariah dan juga konvensional keduanya memang turut meramaikan pasaran di Indonesia, tentunya dengan menawarkan produknya masing-masing. Meskipun masih banyak diantaranya yang menganggap bahwa produk yang ditawarkan sebenarnya sama saja, hanya berbeda namanya. Namun pada dasarnya prinsip kerja yang digunakan jauh berbeda. Nah, agar tidak salah pilih kemana nantinya Anda akan melakukan transaksi. Maka kenali dulu perbedaan produk-produk perbankan syariah dan konvensional berikut ini, yaitu: 
  1. Tabungan, pada dasarnya jenis tabungan syariah maupun konvensional sama, ada tabungan biasa, tabungan berjangka, tabungan rencana dan yang lainnya. Hanya saja pada tabungan bank syariah maka nasabah tidak mendapatkan keuntungan karena prinsipnya hanyalah dititipkan saja, tidak ada bunga yang menyertai seperti pada bank konvensional. 
  2. KPR, pada produk KPR bank syariah ada 2 akad yang berlaku yaitu akad jual beli dan juga akad kepemilikan bertahap, dengan tenor pinjaman hingga 15 tahun, denda jika seandainya terlambat melakukan cicilan umumnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bank konvensional. Berbeda dengan bank konvensional yang memberlakukan tenor lebih panjang hingga 20 tahun, cicilan atau angsuran juga berubah-ubah, dengan denda keterlambatan membayar pastinya lebih ringan dari bank syariah. 
  3. Kartu kredit, pada produk kartu kredit bank konvensional sudah pasti disertai dengan bunga dengan nominal antara 1 hingga 2 persen. Berbeda dengan bank syariah yang mendapatkan keuntungan dari 3 prinsip utama yang mereka gunakan, diantaranya adalah ijarah, qardh hingga kafalah, juga disertai dengan adanya biaya keanggotaan. 
  4. Kredit modal usaha, pada bank syariah maka prinsip yang digunakannya adalah bagi hasil atau nisbah, nilainya sesuai kebutuhan modal, tidak disertai dengan biaya penalti dengan jangka waktu pinjaman antara 1 hingga 2 tahun. Berbeda dengan bank konvensional yang memberlakukan bunga tetap, juga ada penalti jika melunasi sebelum waktunya. 
Bank syariah juga bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik jika ingin menabung untuk persiapan haji. Sampai nanti jumlahnya cukup dapat dipakai sebagai setoran haji untuk mendaftar di Kementrian Agama, pilih produk terbaiknya seperti dari Bank Bukopin Syariah.

Tidak ada komentar untuk "Bandingkan-bandingkan Dulu Perbedaan Antara Produk Keluaran Bank Konvensional dan Syariah, Jangan Sampai Salah Pilih!"