Kenapa Kebutuhan ASI Bayi Harus Dipenuhi?

Kenapa-Kebutuhan-ASI-Bayi-Harus-Dipenuhi

Bagi Anda yang baru saya memiliki pengalaman dalam melahirkan, perlu Anda ketahui jika bayi yang baru lahir memerlukan perhatian dan penanganan khusus. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah pemberian ASI pada bayi. Kebutuhan ASI bayi perlu untuk dipenuhi. Disamping untuk mencukupi gizi harian bayi, terdapat beberapa manfaat lainnya yang dapat diperoleh bayi Anda atau Anda sendiri. 

Manfaat ASI untuk Bayi 

Berikut merupakan beberapa manfaat ASI disamping sebagai pemberi gizi pada bayi, 

1. Meningkatkan Kecerdasan 

Sebuah penelitian membuktikan bahwa ASI dapat membantu perkembangan sensorik dan kognitif pada bayi. Dengan memberikan ASI pada bayi akan memberikan rasa nyaman yang dapat mempengaruhi emosi bayi. Kematangan emosi dan kecerdasan intelektual inilah yang berguna ketika bayi menghadapi kehidupan sosial nanti. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Cairan ASI sangat kaya dengan antibodi, sehingga pemberian ASI pada bayi dapat meningkatkan sistem pertahanan diri bayi dari penyakit. Apalagi cairan ASI yang keluar pertama kali atau yang sering disebut dengan kolostrum. 

Pada kolostrum ini memiliki kandungan yang bernama immunoglobulin A(IgA) yang dapat melindungi hidung dan tenggorokkan dengan membentuk lapisan. Dengan demikian dapat menghindarkan bayi dari beberapa kuman atau bakteri yang mungkin masuk lewat hidung atau tenggorokan. 

3. Memberikan kebutuhan nutrisi bayi 

Karena ASI kaya akan gizi, maka dengan memenuhi kebutuhan ASI bayi, dapat memberikan seluruh kebutuhan nutrisi pada bayi. ASI ini dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi bayi hingga usia 6 bulan tanpa adanya tambahan susu formula. 

4. Menurunkan Risiko Depresi pada Ibu 

Depresi pasca melahirkan atau depresi postpartum merupakan depresi yang akan muncul setelah melahirkan. Depresi ini muncul karena kecemasan-kecemasan akibat melahirkan. Dengan memberikan ASI pada bayi, akan meningkatkan hormon oksitosin yang mampu menurunkan kecemasan serta membuat tubuh lebih rileks. 

5. Membantu Mempercepat Pemulihan Rahim 

Setelah melahirkan, rahim akan mengalami proses involusi, dimana ukuran rahim akan kembali kepada ukuran semula. Pemulihan ini memerlukan hormon oksitosin untuk mempercepat proses. Dengan memberikan ASI kepada bayi dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin tersebut. 

Demikianlah beberapa manfaat ASI yang dapat diperoleh bayi maupun Ibu. Bagi Anda yang dalam proses menyusui, yuk mulai untuk memenuhi kebutuhan ASI bayi! Dengan demikian bayi dapat tumbuh maksimal dan terpenuhi seluruh nutrisinya. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...