Mengenal 6 Batik Terkenal yang Ada di Indonesia


Batik merupakan kain tradisional asli Indonesia yang telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Ada beragam jenis dan motif batik yang dibuat dengan proses dan cara membatik yang berbeda pula yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Setiap motif dari batik-batik tersebut juga memiliki filosofi tersendiri. 

Jenis Batik Indonesia 

Dari berbagai macam batik yang ada di Indonesia, berikut beberapa jenis batik yang paling banyak diminati orang-orang. 

1. Batik mega mendung 

Batik mega mendung merupakan salah satu motif batik yang cukup terkenal dan berasal dari daerah Cirebon. Megamendung sendiri berasal dari kata mega yang berarti awan dan mendung yang berarti langit yang gelap saat akan turun hujan. Batik mega mendung memiliki motif gradasi yang digambarkan sebagai tujuh lapisan langit. Motif ini memiliki filosofi tentang kehidupan manusia dengan sifat sabar dan tidak mudah marah. 

2. Batik tujuh rupa 

Batik tujuh rupa berasal dari kota yang cukup dikenal sebagai kota batik, Pekalongan. Ciri khas motif ini yaitu motifnya yang didominasi motif hewan dan tumbuhan. Selain itu, batik ini juga memiliki motif garis dan titik di setiap pengerjaan batiknya. 

Batik dari Pekalongan ini merupakan representasi kehidupan warga pesisir wilayah Pekalongan yang mudah beradaptasi dengan budaya dari luar. Salah satu bentuk adaptasi tersebut misalnya penempatan hiasan keramik tiongkok berupa motif hewan dan tumbuhan pada batik yang menjadi wujud akulturasi budaya antara Jawa dan Tiongkok. 

3. Batik sidomukti 

Batik sidomukti merupakan salah satu batik khas keraton Solo. Cara membatik kain ini yaitu menggunakan zat pewarna soga alam. Sidomukti memiliki filosofi sesuai dengan namanya yang berasal dari kata sido yang berarti jadi, dan mukti yang berarti sejahtera. 

Motif yang banyak digunakan biasanya berupa motif kupu-kupu, gunung, tahta, atau ornamen bunga. Batik jenis ini juga sering dipakai untuk berbagai acara dan ritual dalam adat pernikahan Jawa, seperti siraman, panggih, atau ijab. 

4. Batik lasem 

Batik lasem merupakan motif kain batik yang berasal dari kota Rembang. Batik ini memiliki ciri khas warna yang mencolok dengan perpaduan gaya China dan Jawa. Warna-warna yang sering dipakai adalah warna merah yang sangat khas dengan warna-warna di China. Akulturasi ini terjadi karena Lasem juga disebut menjadi wilayah awal yang dulunya pertama kali didatangi oleh warga Tionghoa zaman Laksamana Cheng Ho. 

5. Batik sekar jagad 

Batik sekar jagad merupakan batik yang berasal dari daerah pedalaman Solo dan Yogyakarta. Sekar jagad memiliki filosofi yang sesuai dengan namanya, yaitu sebuah keindahan yang akan mempesona siapapun orang yang melihatnya. Motif batik sekar jagad juga melambangkan keberagaman, baik keberagaman di Indonesia maupun keberagaman di dunia. 

Ada juga yang menyebut bahwa motif yang digunakan pada batik sekar jagad merupakan representasi dari bentuk peta dunia dengan bentuknya yang menyerupai pulau-pulau. 

6. Batik sidoluhur 

Batik sidoluhur merupakan salah satu batik yang berasal dari kota Solo. Batik ini awal mulanya dipakai sebagai batik untuk para pengantin wanita pada saat malam pernikahannya. Sidoluhur berasal dari kata sido yang berarti jadi dan luhur yang berarti terhormat. Dengan filosofi ini, diharapkan batik sidoluhur bisa membuat pemakainya selalu diberi kesehatan dan menjadi orang yang memiliki martabat dan kehormatan yang luhur atau tinggi. 

Itulah beragam motif batik dari berbagai daerah di Indonesia dengan filosofi dan cara membatik yang berbeda setiap jenisnya namun sama-sama memiliki keindahan yang luar biasa, serta menjadi budaya Indonesia yang harus senantiasa kita jaga.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal 6 Batik Terkenal yang Ada di Indonesia"