Lakukan 4 Persiapan Ini Ketika Ingin Memelihara Lovebird


Salah satu burung yang banyak disukai untuk dipelihara adalah jenis lovebird. Jenis burung ini memiliki banyak jenis dengan kecantikan dan keunikannya masing-masing dengan warna bulunya yang indah dan kicauannya yang merdu, misalnya saja Lovebird Kacamata Fischer

Hobi memelihara burung memang menjadi salah satu hobi yang menyenangkan dan bisa menghilangkan stress. Beragam manfaat dari memelihara burung ini membuat hobi semacam ini banyak disukai oleh orang-orang. 

Persiapan Ketika Ingin Memelihara Lovebird 

Bagi Anda yang sedang memiliki rencana untuk memelihara burung ini, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan berikut agar burung lovebird Anda bisa sehat, cantik, dan berkicau dengan indah. 

1. Persiapkan sangkar yang luas 

Burung jenis lovebird adalah burung yang sangat aktif bergerak. Maka, jika Anda berencana untuk memelihara burung ini, Anda perlu mempersiapkan sangkar dengan ukuran yang cukup luas agar ia bisa terbang dan bermain dengan bebas di dalam sangkar. 

Ukuran sangkar ideal yang perlu Anda persiapkan minimal berukuran 45cm X 45 cm. Namun akan lebih baik jika Anda bisa menyiapkan sangkar yang lebih luas lagi karena akan membuat burung tersebut merasa lebih nyaman. Pastikan juga sangkar yang Anda persiapkan terbuat dari bahan yang aman dan mudah dibersihkan untuk menghindari resiko burung terluka. Salah satunya adalah memastikan jarak antara palang sangkar tersebut maksimal memiliki jarak selebar 2cm agar mencegah kaki burung mengalami cedera. 

2. Berikan makanan yang berkualitas 

Agar burung yang Anda pelihara bisa tetap sehat, pastikan Anda menyediakan makanan yang berkualitas untuknya. Ketika memilih pelet di pet shop, pastikan Anda memilih pelet yang memiliki kandungan vitamin dan mineral agar bisa memberi asupan gizi terhadap perkembangan burung. Idealnya Anda bisa memberikan pelet sebanyak dua atau tiga sendok dalam sehari. 

Selain itu, burung sejenis Lovebird Kacamata Fischer dan lovebird lainnya merupakan pengkonsumsi buah-buahan. Anda juga bisa memberikan buah-buahan seperti apel, anggur, manga, atau papaya. 

3. Simpang sangkar di ruangan yang tepat 

Ketika Anda telah menyiapkan sangkar, Anda juga harus menyimpan sangkar tersebut pada ruangan yang sesuai agar burung tersebut merasa nyaman. Hindari meletakkan sangkar di tempat seperti lantai atau tempat-tempat dingin lainnya seperti di sisi jendela yang terbuka. Ini akan membuat burung tersebut merasa kedinginan dan berakibat buruk untuk kesehatannya. 

Jadi, pastikan Anda menyimpan sangkar di tempat yang cukup hangat. Burung jenis ini juga tidak menyukai asap atau bau-bau yang terlalu menyengat. Maka, Anda juga perlu menjauhkan sangkar dari dapur atau asap rokok. 

4. Berikan waktu istirahat di malam hari 

Sama halnya seperti manusia, burung juga memerlukan waktu istirahat untuk menjaga kesehatan dan staminanya. Burung jenis ini biasanya membutuhkan waktu selama sepuluh hingga dua belas jam sehari untuk tidur. 

Maka, ketika malam hari Anda perlu memastikannya beristirahat dengan nyaman. Tutuplah kandangnya dan simpan di tempat yang jauh dari suasana kegaduhan. Ketika pagi hari, bukalah penutup kAndang agar ia bisa menghirup udara segar. Kualitas tidur burung ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatannya. 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan ketika hendak memelihara burung Lovebird Kacamata Fischer ataupun lovebird-lovebird jenis lainnya. Dengan perawatan yang baik, burung yang Anda pelihara bisa tumbuh dengan sehat. Lovebird yang sehat dan terawat tentu akan terlihat cantik dengan bulu-bulunya yang indah dan suara kicauannya yang merdu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...