Berikut Cara Efektif untuk Menyebar 2019-nCoV dan Fakta Seputar Virus Corona

Berikut-Cara-Efektif-untuk-Menyebar-2019-nCoV-dan-Fakta-Seputar-Virus-Corona

Virus corona merupakan salah satu virus yang menggencarkan dunia pada awal tahun 2020. Corona menyerang Tiongkok lalu menyebar ke beberapa negara. Penyebaran yang mudah membuat 2019-nCoV lebih mudah menginfeksi penderitanya. Saat ini negara yang telah terinfeksi mulai mengunci jalur keluar masuk dan Wuhan telah sepenuhnya lockdown dan mengunci akses untuk memutuskan penyebarannya dan fokus dengan penyembuhan pasien.

Berikut adalah cara efektif untuk menyebar 2019-nCoV diantaranya:
  • Mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun selama 20 detik, mencuci tangan bersih dari punggung tangan, sela jari dan kuku, pergelangan tangan dan keringkan menggunakan handuk bersih, dan mesin pengering tangan, jika merupakan seorang pekerja di transportasi umum maka sebaiknya gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60%, tetap cuci tangan sebelum maupun setelah makan dan cuci tangan sebelum menyusui bayi.
  • Gunakan masker dengan tipe N95 atau masker bedah. Masker bedah biasanya digunakan untuk sekali pakai dengan harga terjangkau dan gunakan sisi warna yang menghadap keluar dan sisi warna putih yang mengarah pada dagu dan wajah, warna putih akan menyerang kotoran, tidak efektif untuk mencegah paparan tetapi dapat mencegah infeksi, N95 merupakan masker yang dirancang untuk menyerang berbagai partikel yang ada di udara dengan harga cukup mahal, namun hindari menyentuh bagian depan dan lepas masker lalu cuci tangan.
Selain itu, pastikan memiliki daya tahan tubuh yang baik, sebaiknya mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, memenuhi makanan protein tinggi seperti ikan, daging tanpa lemak dan telur. Dapat juga menambahkan suplemen sesuai dengan resep dokter dan tetap rutin berolahraga, memiliki waktu tidur yang cukup, tidak mengonsumsi alkohol dan tidak mengonsumsi rokok. Sebaiknya tidak mengunjungi negara yang sudah terinfeksi atau pada tempat yang memiliki resiko penyebaran tinggi. Hindari kontak dengan beberapa hewan dari reptil dan mamalia, jika ingin mengonsumsi daging sebaiknya dicuci dan dimasak hingga matang.

Berikut adalah fakta dari 2019-nCoV diantaranya:
  • Virus telah menyebar ke negara lain, awalnya bermula di Wuhan, dan berasal dari hewan liar yang telah dijual di pasar makanan laut Huanan, sejak ini banyak traveler yang menularkan virus hingga ketujuh negara.
  • Corona merupakan penyakit zoonosis yang ditularkan dari hewan dan telah diteliti hubungan antara kelelawar serta virus dan mampu beredar pada unta, kelelawar dan kucing, virus jenis ini jarang melakukan evolusi dan kejadian di Tiongkok menjadi bukti virus menyebar dari hewan ke manusia.
Fakta lainnya menyebutkan bahwa virus ini berada di keluarga besar dari penyakit flu hingga penyakit lebih parah, seperti MERS dan SARS. SARS muncul di tahun 2002 lalu menyebar ke negara lain mulai dari Hongkong, Singapura, Vietnam, Italia, Swedia, Rusia, Swiss hingga Amerika Serika. Epidemi SARS berakhir pada tengah tahun 2003 dengan jumlah 8098 orang dan 774 orang telah meninggal dunia mengalami penyakit karena saluran pernapasan. Virus ini cukup misterius dan diidentifikasi sebagai jenis baru yang menyerang pernapasan dan vaksin pneumonia kini digunakan dalam mencegah penyakit 2019-nCoV.

Virus corona telah memakan korban dan kini telah masuk ke Indonesia. Virus ini memberikan gejala dari demam, sulit bernapas, batuk hingga sakit tenggorokan dan menurut MedlinePlus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan parah. Contoh pasien yang mengalami virus ini dengan demam, batuk berlendir dan sesak napas hingga merasakan nyeri dada.

Tidak ada komentar untuk "Berikut Cara Efektif untuk Menyebar 2019-nCoV dan Fakta Seputar Virus Corona"