Penyusunan Pembukuan Sederhana Warung Makan

Penyusunan-Pembukuan-Sederhana-Warung-Makan

Buku warung atau pembukuan sederhana untuk warung adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Namun sayangnya banyak dari usaha warung yang kurang memperhatikan laporan keuangan karena fokus terhadap target keuntungan yang ingin didapatkan. 
 
Selain itu membuat laporan keuangan sering dianggap satu hal yang ribet dan membutuhkan langkah yang detail. Padahal sebenarnya usaha warung bisa membuat laporan keuangan sederhana dengan beberapa pencatatan tertentu.

Memahami Penyusunan Pembukuan Sederhana Untuk Warung


Pemasukan 

Dalam menyusun buku warung, pastikan kamu menyediakan buku khusus untuk mencatat setiap pemasukan dari hasil berjualan warung. Dengan catatan tersebut kamu bisa melihat dengan jelas kapan warung mendapatkan pemasukan yang lebih dan kapan mendapatkan pendapatan kurang. Informasi tersebut dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengevaluasi usaha dan mengatur ulang strategi.

Pengeluaran 

Selain pemasukan, catatan pengeluaran juga tidak kalah penting untuk dicatat secara detail. Kamu bisa mencatat setiap biaya pengeluaran baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan bulanan. Pencatatan ini berfungsi untuk memantau berapa pengeluaran yang sudah kamu keluarkan dalam satu tahap tertentu.

Laba Rugi 

Buku catatan laba rugi dikhususkan untuk hitungan kalkulasi laba dan rugi yang didapatkan pada periode tertentu. Pencatatan laba rugi harus dilakukan secara detail dan dikerjakan dengan rapi dan teratur untuk mempermudah pembacaan data. Dalam buku ini kamu juga bisa mencatat hutang dan piutang yang berhubungan dengan pihak lain.

Stok Barang 

Bagi usaha warung, mencatat stok barang memiliki fungsi yang besar bagi keberlangsungan usaha. Dalam buku ini kamu bisa mencatat tentang barang yang masuk dan keluar karena masih berhubungan dengan pengelolaan keuangan. dengan memiliki catatan stok barang, kamu bisa mengetahui barang mana yang harus segera dijual, ditambah dan lain sebagainya. 
 

Sistem FIFO 

Bagi pelaku usaha bidang warung, sangat perlu memperhatikan barang mana yang harus segera dijual dan barang mana yang masih bisa disimpan. Dalam sistem ini kamu bisa menjual barang yang lebih dulu datang untuk menghindari berbagai kerugian karena barang rusak atau kadaluarsa. Untuk menjalankan sistem ini tentu masih berhubungan dengan pembuatan catatan stok barang pada tahap sebelumnya. 
 
Mengingat dari beberapa hal diatas memiliki fungsi yang besar, pembuatan catatan-catatan tersebut harus dibuat dengan detail dan rapi agar mudah dipahami. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi BukuKas untuk memasukkan data pemasukan, pengeluaran, hutang, piutang, laba rugi dan lain sebagainya. 
 
Aplikasi ini sudah banyak digunakan untuk membuat buku warung dan mencatat berbagai kegiatan usaha dengan fitur-fitur kemudahan yang diberikan. Dengan menggunakan aplikasi juga meminimalisir kemungkinan terjadinya penghitungan secara manual. Aplikasi BukuKas sudah digunakan oleh lebih dari 400.000 ribu pengusaha baik skala mikro dan makro di seluruh Indonesia.

Tidak ada komentar untuk "Penyusunan Pembukuan Sederhana Warung Makan"