Jangan Sampai Ngutang, Ini 4 Cara Menyimpan Dana Darurat kala Pandemi


Selain kesehatan, perekonomian menjadi aspek yang paling terdampak saat terjadinya pandemi seperti sekarang. Pemasukan yang menurun mungkin akan Anda alami, namun jangan jadikan itu alasan untuk meniadakan pos-pos keuangan, khususnya untuk pos dana darurat. Terapkan cara menyimpan dana darurat yang tepat, agar keuangan keluarga bisa tetap sehat.
 

Bagaimana Cara Mengisi Pos Dana Darurat Kala Pandemi?

Kondisi pemasukan dan pengeluaran yang mungkin tak seimbang karena pandemi COVID-19, jangan Anda jadikan alasan untuk tetap mengisi pos dana darurat. Keberadaan dana darurat malah sangat dibutuhkan pada situasi seperti ini. Anda bisa ikuti 4 cara berikut untuk tetap bisa mengisi dana darurat Anda kala pandemi seperti ini.
 

1. Sisihkan Uang dari Pembelian Kebutuhan yang Tak Terlalu Penting

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyisihkan sedikit dana dari anggaran pribadi untuk pos dana darurat. Misalnya saja, saat pandemi ini tentu pengeluaran untuk belanja di mall, menonton bioskop, serta aktivitas di ruang publik lainnya tak bisa Anda lakukan. Nah, alokasi dana untuk kebutuhan atau aktivitas tersebut, bisa Anda alokasikan untuk dana darurat.
 

2. Cari Sumber Pendapatan Lain

Jika memang gaji tak mencukupi untuk mengisi pos dana darurat kala pandemi, bagaimana jika Anda cari sumber penghasilan lain? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapat penghasilan tambahan. Anda yang gemar menulis bisa jadi freelance writer, Anda bisa mulai jualan makanan online jika pintar memasak, semuanya bisa dilakukan tanpa harus bekerja di luar rumah.
 

3. Jual Barang yang Tak Lagi Diperlukan

Sadarkah Anda kalau barang bekas di rumah Anda bisa jadi sumber untuk mengisi pos dana darurat? Kumpulkan barang bekas, misalnya seperti perabotan, pakaian, sepatu, dan lainnya yang masih layak pakai, lalu jual secara online.
 

4. Tingkatkan Frekuensi Memasak di Rumah

Tanpa disadari, intensitas memesan makanan secara online mengalami peningkatan yang signifikan selama pandemi ini. Namun, tahukah Anda kalau Anda bisa lebih hemat jika sekiranya lebih memilih untuk memasak di rumah. Kurangi intensitas pemesanan makanan online ini, lalu sisihkan dananya sebagian untuk mengisi pos dana darurat.
 
Kala pandemi seperti ini, keberadaan dana darurat begitu penting sifatnya. Maka dari itu, jangan sampai Anda lupa untuk tetap rutin mengisi pos dana darurat tersebut, walau mungkin keuangan sedang tak begitu stabil. Anda bisa 4 cara menyimpan dana darurat yang telah dipaparkan di atas, agar dana darurat Anda tetap tersedia kala dibutuhkan.

Tidak ada komentar untuk "Jangan Sampai Ngutang, Ini 4 Cara Menyimpan Dana Darurat kala Pandemi"