Khusus Anak Rantau, Ini 5 Cara Mengatasi Homesick


Homesick adalah tantangan yang dihadapi oleh anak rantau. Tak bertemu keluarga tercinta dalam waktu yang lama tentu terkadang bikin kangen rumah dengan segala isinya. Diperlukan tips dan cara mengatasi homesick yang tepat agar kembali bersemangat menghadapi hari di kota perantauan.
 

Pengertian Homesick

Homesick dalam bahasa Indonesia berarti rindu. Hal ini dapat diartikan sebagai perasaan rindu yang dirasakan ketika jauh dari rumah. Biasanya mereka yang mengalami homesick memiliki gejala seperti tidak konsentrasi, cemas bahkan hingga depresi. Berikut ini cara menghadapi homesick bagi anak rantau.
 

1. Mencari Kesibukan

Mencari kegiatan atau kesibukan menjadi salah satu cara ampuh untuk mengalihkan perasaan kangen rumah atau homesick. Dengan begini, pikiranmu akan terisi oleh kesibukan sehingga tak memiliki waktu untuk memikirkan keluarga di rumah.
 
Carilah kegiatan-kegiatan baru atau hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya bersama kawan-kawan perantau lainnya. Misalnya, mendaki gunung, nonton festival musik hingga olahraga bersama.
 

2. Bangun Komunikasi dengan Perantau Lainnya

Merantau adalah saat-saat yang tepat untuk Anda mengembangkan diri, mencari teman baru dan punya banyak pengalaman seru.
 
Jangan lupa untuk terus menjalin komunikasi dengan sesama perantau di indekos yang Anda tempati atau teman kerja dan teman kuliah di kota tersebut. Dengan begini, Anda tak lagi merasa sendiri dan bisa berbagi suka serta duka sesama perantau.
 

3. Menyantap Makanan Favoritmu di Kota Perantauan

Meskipun tak bisa menyantap masakan ibu di rumah, Anda bisa membeli makanan serupa di kota perantauan. Hal ini semata dilakukan untuk mengobati rasa rindu Ada kepada keluarga dan masakan rumahan. Terlebih jika Anda membagi makanan tersebut kepada teman-teman di perantauan maka kebersamaan akan semakin erat.
 

4. Curhat

Mencurahkan kerinduan kepada sesama anak rantau bisa jadi alternatif lain untuk menghilangkan homesick. Sebagai sesama anak rantau, ia pasti paham bagaimana perasaanmu ketika merindukan keluarga di rumah.
 
Dan siapa tahu ia punya tips dan trik jitu untuk mengendalikan perasaan homesick tersebut. Selain bisa membuat hati lega, mencurahkan kegelisahan juga membuatmu lebih rileks dan tenang.
 

5. Menelpon Keluarga

Jika perasaan rindu tak lagi bisa dibendung, menelpon keluarga di rumah bisa jadi salah satu cara mengatasi homesick. Meski tak bertatap muka, namun mendengar suara keluarga yang ceria dan mengetahui bahwa mereka dalam keadaan sehat dan bahagia tentu jadi obat rindu paling mujarab.

Tidak ada komentar untuk "Khusus Anak Rantau, Ini 5 Cara Mengatasi Homesick"