Gangguan Ketombe Saat Berhijab? 4 Hal ini Bisa Jadi Penyebabnya


Penyebab ketombe pada rambut yang ditutupi hijab bisa beraneka ragam. Mulai dari cuaca panas, kulit kering, dan berbagai alasan lainnya. Ketombe menyebabkan rambut gatal dan seringkali harus membuat Anda menggaruk-garuk kepala. Hal ini tentu tidak akan membuat Anda merasa nyaman ketika berada di tengah banyak orang.
 
Agar tidak mengalami kejadian tidak menyenangkan ini. Anda harus mengetahui bagaimana menangani ketombe. Untuk menangani ketombe dengan baik, penting untuk mengetahui apa yang menyebabkan ketombe.
 

Penyebab Ketombe pada Wanita Berhijab

Banyak wanita yang berhijab mengira ketombe muncul karena terlalu lama mengenakan hijab. Padahal durasi mengenakan hijab bukanlah alasan mengapa ketombe menghampiri. Justru ada banyak penyebab lain, seperti yang berikut ini:
 

1. Rambut Masih Basah Saat Berhijab

Banyak wanita berhijab yang tidak mengerti bahwa rambut basah tidak boleh langsung dipasangi hijab. Padahal rambut basah yang langsung ditutupi ini menjadi penyebab utama ketombe. Karena rambut tidak kering sempurna sehingga menyebabkan perkembangan jamur malassezia, yaitu jamur penyebab utama ketombe.
 
Usahakan untuk mengeringkan rambut sebelum mengenakan hijab. Anda bisa mengeringkan rambut dengan kipas angin atau hairdryer. Jika tidak sedang terburu-buru pergi ke luar rumah, sebaiknya biarkan rambut kering secara alami dengan menggerai dan menyisiri rambut perlahan.
 

2. Inner Hijab Kurang Bersih

Selain rambut yang masih basah atau lembab ketika dipasangi hijab, penyebab ketombe juga bisa berasal dari inner yang Anda gunakan. Banyak yang mengira inner berada di bawah hijab sehingga tetap bersih karena tidak langsung terkena debu dan kotoran. Padahal inner juga bisa kotor akibat keringat yang menempel.
 
Sebaiknya, inner diganti setelah 2 kali pemakaian. Mengganti inner dengan teratur akan menghindarkan Anda dari rambut gatal dan jamur yang memicu munculnya ketombe. Gunakan juga bahan inner yang nyaman dan lembut serta dapat menyerap keringat dengan baik.
 

3. Stress

Salah satu pemicu ketombe yang terkadang tidak disadari oleh Anda adalah stress. Walaupun stress tidak menyebabkan ketombe secara langsung, tapi bisa memperburuk masalah ketombe yang Anda hadapi.
 
Stress dapat mengurangi pertahanan tubuh Anda, termasuk kulit kepala dan rambut. Hal ini menyebabkan rambut tidak cukup kuat menghadapi iritasi kepala dan kehadiran jamur malassezia globosa.
 
Agar tidak menambah masalah ketombe, sebaiknya Anda berusaha mengurangi stress. Caranya dengan melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan, makan makanan bergizi dan bernutrisi, dan mengurangi kepadatan kesibukan. Dengan demikian, akan membantu mengurangi masalah ketombe yang dihadapi.
 

4. Salah Memilih Shampo

Hal lain yang bisa menyebabkan masalah ketombe adalah salah dalam memilih shampo. Pada dasarnya, setiap shampoo memiliki fungsi sama yaitu membersihkan kulit kepala. Namun, terdapat varian tertentu yang memiliki fungsi lebih, seperti perawatan rambut rontok, merawat rambut rusak, dan membantu mengurangi ketombe.
 
Untuk mengatasi ketombe, Anda harus memilih shampo untuk mengatasi ketombe. Selain itu, harus mencari merek shampo yang cocok untuk kulit kepala. Sebelum membeli, bacalah dulu keterangan dan kandungan di dalam shampo agar tidak salah membeli.
 
Apabila setelah penggunaan malah menambah masalah ketombe atau menyebabkan masalah rambut yang baru. Sebaiknya, Anda mengganti merek shampo dengan yang lain. Selain penggunaan shampo, bisa menambahkan penggunaan kondisioner atau tonik rambut untuk membantu mengurangi masalah ketombe.
 
Bagi perempuan yang menggunakan hijab, ketombe merupakan masalah yang sering menghampiri. Penyebab ketombe bisa bermacam-macam sehingga harus diketahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan ketombe pada kulit kepala Anda untuk mengetahui bagaimana cara menanganinya.

Tidak ada komentar untuk "Gangguan Ketombe Saat Berhijab? 4 Hal ini Bisa Jadi Penyebabnya"