5 Alasan Mengapa Mobil Sedan Masih Diminati Hingga Kini

 
Ternyata meskipun sekarang ini mobil tipe SUV dan MPV merajai penjualan mobil di Indonesia, tapi Honda Civic yang berjenis sedan masih sangat dicari oleh konsumen. Ada berbagai aspek yang membuat mobil sedan masih memiliki rating penjualan tertinggi di tengah berbagai tipe mobil baru beredar di pasar otomotif.
 
Karena permintaan yang masih tinggi inilah produsen mobil di Indonesia tetap meluncurkan mobil-mobil tipe sedan, seperti Honda yang mengeluarkan Civic generasi ke-10. Kali ini Civic hadir dengan gaya berbeda dari pendahulunya, karena dari segi bodi dan bagian pengemudi dibuat mirip dengan sedan sport asal Eropa. Gaya seperti inilah yang membuat tipe mobil sedan tidak pernah mati gaya dan tetap dicari oleh konsumen.
 

Alasan Beli Mobil Sedan

Jika ditilik kembali ada beberapa alasan mendasar, mulai dari harga hingga desain produk yang dianggap lebih seksi ketimbang tipe SUV maupun MPV. Nah, apa saja alasan yang mendasari konsumen membeli sedan mari simak yang berikut ini:
 

1. Harga yang Lebih Murah Dibandingkan SUV

Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membeli mobil SUV? Sudah pasti Anda harus mengeluarkan mulai dari 300 juta hingga lebih dari 500 juta, bukan? Bahkan untuk membeli mobil SUV second perlu setidaknya Rp200 juta.
 
Untuk membeli sebuah sedan tidak perlu uang sebanyak itu. Dengan 100 atau 200 juta sudah bisa membawa pulang sebuah sedan. Bahkan untuk membeli mobil second hanya perlu uang di bawah Rp100 juta. Kelihatan sekali perbedaannya.
 
Namun, hal ini wajar mengingat SUV dibuat memiliki body yang kuat dan besar serta material seperti kerangka truk ringan. Berbeda dengan sedan yang lebih mungil sehingga memerlukan material lebih sedikit, meski demikian kualitas materialnya tidak perlu diragukan.
 

2. Desain Sedan Membuat Tampilan yang Lebih Seksi

Tampilan Honda Civic varian baru yang mirip sedan sport Eropa membuatnya terlihat lebih seksi sehingga menarik minat konsumen untuk membeli. Sejak dulu memang image sedan di dunia otomotif merupakan mobil mungil yang cepat dan seksi, bahkan dulu dikatakan sebagai mobil orang kaya.
 
Desain sedan lebih ramping, sporty, juga mewah. Selain itu dibentuk dengan body yang aerodinamis sehingga dapat melaju cepat di jalan raya. Ditambah lagi setir yang kokoh dan tidak oleh jika dipacu dengan kecepatan tinggi. Sexy and fast, itulah sebuah mobil sedan.
 

3. Ringan dan Cepat

Dalam hal bobot sedan memiliki bobot lebih ringan dan bodinya juga lebih kecil sehingga dapat bergerak dengan lebih cepat dan mudah bermanuver di jalanan raya. Kalau Anda membutuhkan mobil dengan performa kecepatan yang sempurna, maka pilihan terbaik adalah menggunakan sedan.
 

4. Bisa Dibawa ke Jalanan Sempit

Selain cepat, nyatanya bodi mungil sedan memungkinkannya dibawa ke jalanan sempit dan tidak terlalu menyulitkan ketika harus berpapasan dengan kendaraan lain di jalanan sempit. Di Indonesia sendiri masih banyak jalanan sempit yang lebih cocok dijalani oleh mobil mungil seperti sedan.
 

5. Kapasitas Sedan Sangat Pas

Bagi Anda yang masih lajang atau baru menikah, tidak terlalu membutuhkan mobil dengan kapasitas besar. Mobil dengan kapasitas sedang seperti sedan lebih nyaman digunakan dan tidak membutuhkan garasi yang besar.
 
Selain itu, mobil dengan kapasitas besar juga jarang dipakai untuk tempat duduk baris ketiga. Banyak pengguna mobil SUV maupun MPV mengaku bahwa baris ketiga jarang digunakan, malah dipakai sebagai tempat menyimpan barang.
 
Nah, itu dia beberapa alasan yang membuat konsumen Indonesia masih memilih mobil sedan seperti Honda Civic dibandingkan dengan mobil-mobil bermuatan besar seperti SUV maupun MPV. Apakah Anda pun jadi tertarik beli sedan Civic terbaru?

Tidak ada komentar untuk "5 Alasan Mengapa Mobil Sedan Masih Diminati Hingga Kini"