5 Fakta Penting Seputar Oseltamivir yang Harus Anda Ketahui


Pandemi yang masih berlangsung di Indonesia dengan angka kematian yang cukup tinggi memang masih menyisakan perasaan cemas berlebihan. Banyak orang yang mulai mencari informasi tentang obat yang ampuh mengatasi COVID. Selama imunitas Anda baik, maka risiko terpapar virus corona dan lekas pulih punya peluang besar. Tentu Anda harus tetap mematuhi prokes agar terhindar dari penularan yang semakin merajalela. Jual Oseltamivir bisa Anda temukan di berbagai toko online yang katanya bisa mengatasi COVID. Benarkah demikian?

Hal penting tentang Oseltamivir yang wajib Anda pahami

Mungkin Anda bisa menemukan para penjual Oseltamivir di pasaran sesuai dengan prosedur kesehatan yang berlaku. Namun, Anda harus hati-hati beli online sebab jual Oseltamivir palsu banyak disalahgunakan oknum kurang bertanggungjawab. Berikut beberapa fakta penting tentang Oseltamivir yang harus Anda pahami lebih dulu yaitu :

1. Sering digunakan sebagai obat influenza tipe A atau B

Anda harus tahu bahwa Oseltamivir merupakan obat antivirus yang bisa mengatasi jenis penyakit influenza tipe A atau B, misalnya flu burung yang marak terjadi beberapa tahun lalu.

Fungsi obat ini bisa mencegah perkembangan virus lebih parah dan meredakan gejala batuk, hidung tersumbat, radang tenggorokan, badan meriang, atau merasa lemas. Setelah konsumsi obat Oseltamivir, maka pasien yang mengalami flu influenza akan lekas membaik dalam waktu 1-2 hari saja.

2. Bisa dikonsumsi anak-anak dan dewasa

Obat Oseltamivir bisa dikonsumsi oleh anak-anak atau orang dewasa untuk mengobati flu influenza atau mencegah terpapar virus bila berada di lingkungan yang menjadi endemik penyakit.

3. Harus diberikan berdasarkan resep dokter

Hal penting yang harus Anda ketahui bahwa obat Oseltamivir hanya boleh dikonsumsi berdasarkan resep dari dokter. Pasalnya, orang yang mengalami alergi dengan jenis obat ini tidak boleh mengkonsumsinya, termasuk orang yang punya riwayat penyakit kronis seperti penyakit jantung, gangguan saluran pernapasan, penyakit asma atau paru-paru, gangguan ginjal, dan masih banyak kondisi lainnya.

4. Ketahui dosis dan aturan

Karena Oseltamivir tidak bisa menggantikan vaksin flu, maka Anda yang hendak mengkonsumsi obat harus tetap mendapat rekomendasi dokter terkait. Bayi kurang dari satu tahun boleh konsumsi Oseltamivir dengan dosis 2 mg/kg berat badan si kecil sedangkan orang dewasa bisa 75 mg setidaknya dua kali sehari selama lima hari untuk hasil lebih maksimal.

5. Cara konsumsi yang benar

Oseltamivir dijual dalam bentuk kapsul yang bisa dicampurkan dengan bahan lain sesuai takaran yang sudah ditetapkan. Tidak ada larangan mencampurkan obat dengan bahan makanan lain seperti kue atau makanan manis yang disukai, kok. Hal ini bisa membantu orang-orang yang tidak bisa mengkonsumsi kapsul secara utuh atau konsumsi pada anak-anak yang sulit menelan kapsul secara langsung.

Hati-hati mengkonsumsi dengan obat lain sebab bisa menyebabkan risiko interaksi antar obat yang berpotensi menyebabkan komplikasi. Bila Anda mengalami gejala sakit kepala, diare, mual, muntah, tidak enak badan, pusing, atau susah tidur setelah konsumsi obat, segera lakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter untuk mengantisipasi risiko kesehatan yang tidak diinginkan seperti keracunan dan kematian.

Dari beberapa hal penting seputar fakta Oseltamivir di atas, maka hindari mengkonsumsi obat untuk mengatasi COVID tanpa rekomendasi dokter. Bila Anda mengalami jenis influenza tipe A atau B, maka bisa segera menghubungi jual Oseltamivir untuk mengatasi keluhan tersebut. Tetap konsultasi pada dokter agar Anda mendapatkan resep sesuai takaran yang benar berdasarkan usia, berat badan dan riwayat kesehatan lainnya.

Tidak ada komentar untuk "5 Fakta Penting Seputar Oseltamivir yang Harus Anda Ketahui"