5 Hal yang Wajib Dipikirkan Sebelum Beli Mobil


Mobil pribadi seringkali dikaitkan dengan tingkat kemapanan seseorang. Semakin mahal mobil yang dimiliki, maka dianggap makin mapan ekonomi seseorang. Misalnya, dengan memiliki sebuah Toyota Rush, maka seseorang dianggap punya tingkat kemapanan yang baik. Hal ini wajar saja karena membeli mobil adalah barang mewah yang harganya mahal, bahkan jika membeli dengan kredit juga cicilannya tidaklah murah.

Akan tetapi, membeli mobil harus dilakukan dengan pertimbangan matang, apalagi jika Anda menggunakan jalur kredit. Beberapa hal harus dijadikan pertimbangan sebelum membawa pulang mobil ke rumah.

Pertimbangan Sebelum Beli Mobil

Membeli mobil tidak boleh dilakukan dengan “terpaksa” apalagi kalau hanya dilakukan agar terlihat mapan. Sangat penting untuk memiliki alasan yang baik dalam membeli mobil, terutama untuk tujuan baik. Selain punya tujuan jelas, Anda juga harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

1. Tempat Parkir

Mobil bukan hanya mahal, tapi juga membutuhkan ruang yang besar. Jadi, sebelum membeli mobil, Anda harus memiliki tempat untuk menyimpan mobil tersebut. Paling tidak memiliki garasi atau halaman untuk meletakkan mobil. Jangan sampai mobil yang dimiliki diparkirkan di jalan dan mengganggu tetangga.

Selain tidak mengganggu orang lain, memiliki tempat parkir atau garasi untuk mobil juga akan menurunkan risiko kehilangan karena dicuri dan kerusakan karena disimpan sembarangan. Jadi, siapkan garasi atau halaman rumah memadai untuk menyimpan mobil sebelum beli.

2. Biaya Parkir

Harga mahal mobil Toyota Rush sudah wajar dan diketahui oleh calon pembeli. Namun, tahukah Anda bahwa biaya parkir mobil juga mahal? Untuk parkir biasa saja Anda harus mengeluarkan biaya minimal Rp4000,-, apalagi jika parkir di tempat dengan parkir meter, harus membayar biaya parkir per jam.

Seperti di mall, Anda harus membayar biaya parkir per jam. Misalnya, biaya per jam adalah Rp4.000,-, apabila parkir selama 3 jam minimal harus membayar sebanyak Rp12.000,-. Jadi, Anda harus menyiapkan uang lebih untuk biaya parkir. Jika mobilitas tinggi, sebulan bisa mengeluarkan mulai dari Rp500 ribu hingga Rp1 juta untuk biaya parkir.

3. Biaya Bensin dan Tol

Bukan hanya biaya parkir yang harus disediakan, tapi juga biaya bensin dan tol. Biaya bensin juga cukup tinggi, apalagi jika Anda sering bertemu dengan kemacetan, maka konsumsi bensin akan makin besar. Apalagi sekarang harga bensin makin tinggi.

Selain itu, biaya untuk tol juga perlu disiapkan. Karena biasanya untuk menghindari macet Anda akan memilih melewati tol sehingga perlu membayar biaya tol. Untuk biaya tol Anda mungkin harus mengeluarkan biaya Rp500 ribu dan bensin juga hingga Rp500 ribu. Jadi, total biaya yang disiapkan Rp1 juta.

4. Biaya Servis

Anda juga harus memikirkan mengenai biaya servis mobil sebelum memiliki mobil, karena mobil memerlukan perawatan, baik saat terjadi kerusakan maupun ketika harus melakukan perawatan rutin.

Perawatan rutin biasanya dilakukan 1-2 bulan sekali. Biaya bisa murah atau mahal tergantung kerusakan dan biaya servis. Selain itu, Anda juga perlu mengeluarkan biaya untuk mengganti sparepart jika ada sparepart yang tidak bisa diperbaiki.

5. Biaya STNK, SIM A, dan Asuransi

Pertimbangan lain yang harus dipikirkan sebelum beli mobil adalah biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memperpanjang surat tanda nomor kendaraan, SIM A, dan asuransi. Ketiga biaya ini merupakan biaya wajib sehingga Anda harus menyiapkan dananya. STNK harus diperpanjang setiap tahun, SIM A diperpanjang setiap 5 tahun sekali, dan biaya asuransi bisa dibayar per bulan atau tahun.

Membeli Mobil Toyota Rush memang membutuhkan pertimbangan, baik dari sektor harga maupun faktor-faktor lainnya, mulai dari tempat parkir hingga semua biaya yang harus dikeluarkan harus menjadi perhatian, jika tidak akan menjadi masalah nantinya.

Tidak ada komentar untuk "5 Hal yang Wajib Dipikirkan Sebelum Beli Mobil"