Ingin Melakukan Olahraga di Jalan Raya, Ketahui Persiapan Berikut!


Jogging setiap hari bisa meningkatkan kesehatan jantung, tubuh lebih prima dan kesehatan mental terjaga. Anda yang ingin bebas dari risiko stress dari aktivitas rutin di perkotaan yang padat, maka cobalah untuk melakukan olahraga lari minimal 1-2 kali seminggu. Menghirup udara segar sebelum polusi melanda akan membuat tubuh dan pikiran Anda lebih sehat, lho! Pastikan outfit lari pria yang baik agar Anda lebih percaya diri saat berlari di jalan umum.

5 persiapan sebelum melakukan olahraga lari

Lari tetap memiliki risiko cedera yang harus Anda waspadai bila tidak melakukan persiapan lebih matang. Meski tergolong jenis olahraga yang murah, bukan berarti Anda abai outfit lari pria yang berkualitas. Pastikan Anda mengetahui dan melakukan persiapan sebelum olahraga lari di jalan umum berikut :

1. Memilih sepatu yang baik

Salah satu outfit penting yang tidak boleh Anda abaikan adalah pemilihan sepatu yang bagus. Jangan memilih sepatu dengan harga yang mahal saja, tanpa mempertimbangkan kegunaan sepatu tersebut. Anda wajib memilih jenis sepatu lari yang sesuai dengan medan, misalnya road running shoes adalah sepatu yang direkomendasikan untuk olahraga lari di jalan raya.

Sepatu yang aman dan nyaman bisa mencegah risiko kaki Anda alami cedera saat melakukan olahraga lari. Selain ukuran yang tepat dengan jarak jempol kaki dengan bagian depan sepatu tidak berlebihan, pastikan Anda memilih model sepatu dengan fitur bantalan yang nyaman.

2. Melakukan peregangan

Jangan lupa untuk melakukan peregangan otot sebelum Anda mulai lari di jalanan umum. Peregangan bisa melenturkan otot tubuh Anda sehingga tubuh bisa bergerak lebih lincah tanpa risiko alami kram atau cedera.

3. Menentukan rute yang tepat

Jika ingin melakukan olahraga lari lebih lama, pastikan pakai outfit lari yang terbuat dari bahan polyester. Bahan polyester lebih mudah menyerap keringat dan tidak menyebabkan gerah berlebihan. Ada baiknya Anda juga menentukan rute perjalanan lari di jalan raya, misalnya jalanan sekitar kompleks saja, trotoar jalan raya atau taman kota.

4. Melakukan pendinginan

Setelah melakukan olahraga lari, pastikan Anda selalu melakukan pendinginan seperti melakukan pemanasan sebelum lari. Jangan langsung duduk setelah lari sebab Anda perlu menormalkan detak jantung lebih dulu dengan pendinganan, ya!

5. Bawa botol minuman sendiri

Membawa botol minuman air putih bisa mencegah badan Anda alami dehidrasi saat melakukan olahraga di jalan raya. Anda bisa membawa botol minuman dan handuk kecil yang bisa mengelap keringat di tubuh. Bila Anda suka hiburan, mendengarkan musik sembari olahraga lari boleh-boleh saja. Namun, usahakan Anda tetap memperhatikan lingkungan sekitar agar tidak terjadi risiko kecelakaan atau kejadian tidak diinginkan lain.

Dengarkan musik dengan volume sedang saja selama berlari di jalan raya, meskipun Anda berjalan di trotoar. Memakai headset bluetooth bisa menjadi pilihan agar olahraga lari tidak terganggu dengan kabel musik yang terhubungan dengan ponsel atau pemutar musik yang lain.

Beberapa persiapan sebelum melakukan olahraga lari di atas wajib Anda ketahui agar bisa melakukan olahraga dengan lancar. Pakai outfit lari pria yang mendukung kepercayaan diri dan kenyamanan di jalan umum, misalnya kaos dan celana pendek selutut. Outfit yang nyaman akan membuat Anda lebih bersemangat melakukan olahraga di sela kesibukan bekerja setiap hari. Dalam tubuh yang sehat, Anda akan memiliki jiwa yang kuat dan pikiran yang bebas dari risiko stress, lho! Yuk, mulai rajin olahraga lari minimal 1-2 kali seminggu!

Tidak ada komentar untuk "Ingin Melakukan Olahraga di Jalan Raya, Ketahui Persiapan Berikut!"