5 Kiat Merawat Laptop Gaming yang Baik


Laptop merupakan perangkat komputer yang dimiliki mayoritas masyarakat Milenial dewasa ini. Tidak hanya sekadar alat komunikasi saja, laptop merupakan sarana bekerja orang-orang modern di era digital. Kini Anda bisa bekerja dari mana dan kapan saja tanpa harus memakai seragam ke kantor. Laptop yang dikenal multifungsi juga bisa digunakan untuk bermain game online. Anda yang suka main game, sebaiknya pilih laptop gaming MSI Bravo 15 yang dibandrol harga belasan juta rupiah.

Merawat laptop gaming MSI Bravo 15

Laptop MSI Bravo 15 yang Anda beli dengan harga belasan juta rupiah harus dirawat dengan benar. Pasalnya, laptop gaming semahal apa pun akan mudah rusak bila Anda mengabaikan cara perawatan laptop yang benar. Berikut 5 cara merawat laptop gaming agar tahan lebih lama yaitu :

1. Menggunakan kipas pendingin

Penggunaan laptop gaming untuk aktivitas bermain game berjam-jam akan membuat suhu laptop menjadi lebih panas. Meskipun laptop telah dilengkapi kipas pendingin internal, tetapi Anda juga bisa menggunakan kipas pendingin eksternal yang bisa mendinginkan suhu lebih cepat. Setidaknya komponen di dalam laptop tetap aman dan tidak mengalami overheat akibat suhu yang berlebihan.

2. Membutuhkan mouse dan keyboard eksternal

Memiliki perangkat komputer khusus gaming di rumah pasti menjadi dambaan seluruh gamers di seluruh dunia. Namun, Anda jelas tidak bisa membawa perangkat komputer saat bepergian, bukan? Oleh sebab itu, laptop gaming diciptakan untuk memberikan kemudahan dari segi fleksibilitas tersebut. Pastikan saja Anda membeli perangkat tambahan berupa mouse dan keyboard eksternal yang bisa mencegah kerusakan penggunaan keyboard bawaan laptop yang mudah rusak.

3. Tetap biarkan laptop beristirahat

Durasi bermain game yang lama bisa membuat laptop menjadi panas sehingga komponen dan hardware mudah rusak. Ada baiknya Anda mengontrol durasi agar bisa memberikan jeda atau waktu laptop untuk istirahat.

4. Perawatan yang berkala

Penggunaan yang terus menerus bisa membuat laptop gaming kesayangan Anda menjadi lebih mudah rusak. Pastikan Anda merawat laptop secara berkala dengan membersihkan bagian keyboard dari debu dan kotoran, bersihkan layar dengan kain bersih, hindari meletakkan benda basah di atas laptop, dan lain-lain.

Penyimpanan laptop yang aman sangat berpengaruh dengan masa pemakaian laptop, misalnya Anda menjauhkan laptop dari ponsel atau perangkat elektronik lain yang memiliki medan magnet besar. Hindari pula meletakkan laptop Anda di atas kasur tanpa memberikan alas berupa papan atau bahan lain agar komponen tidak mudah panas, ya!

5. Perhatikan pengisian daya

Baterai laptop yang memiliki daya besar bisa menunjang kegiatan Anda bermain game online. Jika baterai sudah menunjukkan tanda habis, segera lakukan pengisian daya agar tidak sampai drop. Jangan mengisi sampai penuh terlalu lama tanpa melepas charger sebab bisa menyebabkan komponen dalam laptop alami overheat.

Pastikan pula tegangan listrik di rumah Anda dalam kondisi stabil agar daya yang masuk ke dalam laptop tidak bermasalah. Bila Anda abai terhadap poin penting ini, maka risiko hardware mengalami risiko konsleting bisa membuat kantong Anda bolong.

Jangan lupa untuk menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan atau rajin bersihkan cache laptop Anda. Service laptop yang bermasalah harus dilakukan di tangan profesional agar Anda puas dengan hasil perbaikan tersebut. Bila Anda memilih MSI Bravo 15, maka risiko laptop alami kerusakan sangat minim asal Anda memperhatikan penggunaan dan perawatan yang optimal. Yuk, rawat laptop gaming Anda agar kualitas bermain game tidak terganggu!

Tidak ada komentar untuk "5 Kiat Merawat Laptop Gaming yang Baik"